4 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Efektif
Siker.id | 15 Mar 2022 11:45


Bagikan ke
Membuat rapat kerja lebih efektif. (siker)

siker.id - Rapat kerja atau raker merupakan hal penting yang wajib dilaksanakan oleh perusahaan agar dapat mengevaluasi pekerjaan yang dikerjakan maupun pekerjaan lanjutan.

Pada perusahaan besar, raker cukup sering dilaksanakan. Bisa tiap minggu di hari Senin pagi ataupun sekali di awal bulan, tepatnya pada minggu pertama. Namun di perusahaan kecil, biasanya cukup dilaksanakan satu bulan sekali bahkan tiga bulan sekali. Pentingnya dalam mengadakan rapat kerja sebagai evaluasi pekerjaan, mengingat visi dan tujuan yang telah dibentuk, serta menentukan target perusahaan kedepannya.

Oleh sebab itu ini beberapa tips membuat rapat kerja lebih efektif.

Baca juga: Tips Membuat Notulensi saat Rapat

Wajib On-time

Seringkali raker dimulai telat sehingga hal ini sangat merugikan dari segi waktu dan efisien. Oleh karena itu, Anda memastikan para hadirin datang 10 menit sebelum rapat dimulai untuk mempersiapkan diri dan berbincang sejenak.

Membuka Sesi Tanya Jawab

Karena ingin mempersingkat waktu, bukan berarti tidak ada sesi tanya jawab. Sesi ini cukup penting dalam raker, karena dapat banyak ide dan cara pikir lain sehingga keputusan yang diambil tepat sasaran dan sesuai dengan keinginan banyak pihak.

Sesi tanya jawab dapat dibatasi misal cukup lima penanya karena sesi ini yang suka membuat durasi begitu panjang. Serta yang akan menjawab dapat menjawab dengan singkat dan to the point.

Baca juga: Berikut 3 Tips Meningkatkan Keaktifan Peserta Rapat

Menentukan Topik dan Poin Pembahasan

Menentukan topik dan poin pembahasan akan membantu Anda untuk menjalankan rapat lebih efektif karena hanya membahas dari yang sudah ditentukan. Terkadang dalam rapat, ada berbagai percakapan yang keluar dari topik sehingga rapat hanya menjadi debat kusir. Bahkan akhirnya keputusan menjadi sulit diambil.

Dengan menentukan topik dan poin pembahasan dari awal, dapat membantu para hadirin mempelajari materi yang akan dibahas dan didiskusikan dalam meeting.

Kontrol Rapat dengan Baik

Saking serunya rapat terkadang tanpa sadar, rapat dapat berubah menjadi percakapan informal. Oleh karena itu, penyelenggara rapat dapat membantu untuk mengontrol dengan cara menjadi moderator agar rapat berjalan sesuai dengan rencana awal dan memfokuskan kembali sesuai dengan topik pembicaraan.

Sekian artikel tentang kiat membuat rapat kerja lebih efektif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 2 Tips Agar Tidak Bosan Saat Rapat Virtual


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar