icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah
Siker.id | 14 Mar 2022 17:45


Bagikan ke
Tidak salah dalam memilih jurusan kuliah. (siker)

siker.id - Memilih jurusan kuliah memang tak boleh sembarang. Proses pemilihan jurusan harus benar-benar disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Pemilihan jurusan yang salah akan mempengaruhi banyak hal. Terutama aspek nilai dan psikologis setiap orang.

Maka dari itu, biar kamu tak merasakan salah jurusan kamu harus benar-benar selektif saat memilih. Mau tahu seperti apa sih tips cerdas saat memilih jurusan? Yuk simak tips di bawah ini!

Baca juga: Berikut Manfaat Kuliah Sambil Kerja Bagi Mahasiswa

Pastikan minatmu apa

Untuk mendapatkan jurusan yang kamu impikan. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu minat yang kamu miliki seperti apa. Apakah kamu seorang yang suka sains, bahasa, sosial, atau minat yang lain.

Jika kamu sendiri sudah memastikan minat yang kamu inginkan, maka kamu bisa memilih jurusan tersebut. Jangan lupa perhatikan juga seluk beluk tentang jurusan tersebut.

Konsultasikan dengan yang berpengalaman

Biar makin mantap ketika memilih jurusan, kamu bisa melakukan konsultasi kepada yang lebih berpengalaman. Orang yang lebih berpengalaman di sini seperti guru BK, kayak kelas, atau kamu juga bisa berkonsultasi kepada psikolog.

Sesuaikan dengan kemampuan

Lihatnya kemampuan yang kamu miliki. Kenali lalu yakin dengan diri sendiri apakah kamu mampu untuk memasuki jurusan itu. Jika kamu mampu, kamu bisa masuk dan pilih jurusan itu. Jika tidak, jangan biarkan diri kamu terjebak.

Baca juga: Manfaat Magang Bersertifikat Bagi Mahasiswa

Hindari ego di dalam diri

Kalau sudah mengetahui kemampuan yang kamu miliki. Jangan pernah kamu mengutamakan ego dalam memilih jurusan. Kamu harus yakin dengan diri sendiri dan jangan sampai termakan ego. Mengutamakan ego akan membuat kamu terkatung-katung di dalam jurusan yang kurang pas.

Jangan mengikuti tren dan pengaruh orang lain

Namanya masuk jurusan bukan seperti kamu mengikuti tren masa kini. Buat apa sih kamu harus mengikuti tren dan terpengaruh oleh orang lain? Lebih baik bercermin dan mawas diri biar kamu tidak salah dalam memilih jurusan.

Sekian artikel tentang tips agar tidak salah jurusan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kesulitan Mahasiswa dalam Menentukan Judul Skripsi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar