3 Cara Menjaga Work Life Balance Tetap Seimbang
Siker.id | 14 Mar 2022 17:00


Bagikan ke
Cara menjaga work life balance tetap seimbang. (siker)

siker.id - Memasuki lingkup lingkungan kerja, pastinya kamu akan bertemu dengan rangkaian kesibukan serta tuntutan kerja yang harus dijalani sepanjang hari. Tidak jarang ini menjadikanmu kalang kabut sehingga baik itu kehidupan di dunia kerja maupun di luar dunia kerja jadi berantakan. Work-life balance kamu bisa dikatakan berjalan tidak seimbang sama sekali karena terlalu berfokus pada pencapaian kerja.

Padahal keseimbangan antara kehidupan dunia kerja dengan kehidupan pribadi menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Jika salah satunya ada yang terbengkalai, tentu performamu bisa tidak optimal. Oleh sebab itu untuk membentuk work life balance yang baik, ikuti tips berikut ini!

Baca juga: Apa Perbedaan Work Hard dan Work Smart?

Hindari bermalas-malasan

Bermalas-malasan memang jadi aktivitas yang menyenangkan. Dengan alasan ingin beristirahat sejenak, tanpa sadar kamu malah lupa waktu dan akhirnya keterusan. Mau bangkit dan mulai mengerjakan sesuatu rasanya berat banget, deh. Kamu lebih memilih aktivitas lain yang tidak penting.

Salah satu kiat yang perlu diterapkan jika kamu ingin work-life balance tetap terjaga dengan baik yaitu hindari bermalas-malasan. Semakin kamu larut dalam kemalasan, maka semakin banyak pula tanggungan pekerjaan yang menumpuk dan berakhir tidak terselesaikan.

Jangan lupa buat prioritas kegiatan

Rangkaian kesibukan yang datang silih berganti memang sering bikin kita kalang kabut. Satu tanggungan sudah berhasil diselesaikan, ternyata muncul lagi rangkaian kesibukan yang lain. Akibat hal ini, tidak jarang justru menimbulkan beberapa urusan penting berakhir terbengkalai.

Berhadapan dengan situasi yang demikian, salah satu kiat agar work-life balancemu tetap terjaga yaitu dengan membuat prioritas kegiatan. Kamu bisa dengan cermat memetakan mana sekiranya aktivitas penting dan perlu didahulukan serta mana yang tidak penting dan masih bisa dikerjakan lain waktu.

Baca juga: Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai

Atur jadwal sehari-harimu dengan jelas dan mendetail

Jika membahas kegiatan, tentu kita memiliki rutinitas harian yang harus dikerjakan. Tidak hanya satu kegiatan, namun juga ada beberapa. Baik itu kegiatan yang penting maupun tidak penting. Kegiatan yang harus diselesaikan maupun masih bisa ditunda.

Salah satu kiat agar work-life balance mu tetap terjaga yaitu dengan mengatur jadwal sehari-hari secara jelas dan mendetail. Dengan demikian, kamu bisa menyesuikan antara kehidupan di dunia kerja dengan kehidupan di luar dunia kerja sehingga semuanya berjalan dengan seimbang.

Sekian artikel tentang tips menjaga work life balance. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Cara Meningkatkan Work Performance


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar