3 Ciri Seorang Pemimpin yang Baik
Siker.id | 14 Mar 2022 16:15


Bagikan ke
Ciri seorang pemimpin yang baik. (siker)

siker.id - Menjadi seorang bos tidaklah sama seperti menjadi pemimpin. Bos adalah sebuah jabatan yang kamu peroleh, sebuah panggilan yang kamu sematkan dibalik namamu setelah mencurahkan usaha dan keringat di pekerjaanmu. Bos memiliki kantor yang berbeda dari karyawan biasa lainnya.

Tidak semua bos adalah pemimpin. Kamu tidak perlu menjadi bos untuk bisa menjadi pemimpin yang baik. Kenyataannya, tidak sedikit bos-bos di lingkungan kerja yang masih belum bisa memimpin karyawannya dengan baik, mengakibatkan ketidakpuasan selama bekerja. Oleh sebab itu ini beberapa ciri seorang pemimpin yang baik yang perlu kamu tahu!

Baca juga: 3 Alasan Kuat Terpilih Sebagai Pemimpin

Seorang pemimpin mendengarkan, kemudian bicara

Pemimpin yang baik akan membuka telinga mendengar setiap masukan karyawannya. Mereka memahami nilai setiap karyawannya dan menganggap setiap orang memiliki kesempatan dan tingkatan yang sama untuk bisa mengemukakan pendapatnya.

Berbeda dengan bos. Seorang bos biasanya mendominasi percakapan. Mereka ingin karyawan mereka mendengar dan menuruti setiap arahannya begitu saja, tanpa mendengar masukan dari mereka.

Seorang pemimpin ingin kamu jadi lebih sukses dari mereka

Seorang pemimpin selalu ingin yang terbaik untuk anggotanya. Mereka bahkan ingin anak buah mereka menjadi lebih sukses dan berhasil dibanding mereka sendiri. Mereka memperoleh kebahagiaan dan kepuasan dari kesuksesan anggota timnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan seorang bos. Alih-alih ingin anggotanya berkembang menjadi sukses, seorang bos ingin terus bisa menjadi atasan bagi anggota timnya. Ia memperoleh kebahagiaan dari kesuksesan pribadinya, terus menerus mengembangkan diri tanpa peduli perkembangan anggota timnya.

Baca juga: Berikut 3 Kalimat yang Pantang Diucapkan Pemimpin

Seorang pemimpin akan mengajar, bukan sekadar memberitahu

Seorang bos akan memberitahu kamu jalan keluar dari suatu masalah secara langsung. Berbeda dengan seorang pemimpin yang akan menunjukkan padamu bagaimana dan kenapa kamu harus melakukannya.

Dengan demikian, kamu gak sembarang mengerjakan tugas, gak asal yang penting jadi. Kamu jadi paham alasan dibalik semua tugas yang diberikan ke kamu. Seorang pemimpin mampu mendorong anak buahnya untuk mengerjakan sesuatu atas dasar motivasinya pribadi, alih-alih karena terpaksa.

Sekian artikel tentang ciri seorang pemimpin yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Gagal sebagai Pemimpin


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar