3 Tanda Kamu Belum Siap Masuk Dunia Kerja
Siker.id | 14 Mar 2022 14:00


Bagikan ke
Tanda belum siap masuk dunia kerja. (siker)

siker.id - Tidak jarang kamu berangan-angan ingin menjadi kaya, namun tidak memiliki penghasilan karena takut untuk memulai bekerja. Padahal untuk memenuhi kebutuhan hidup, kamu perlu bekerja agar nantinya menghasilkan uang. Selain itu, tuntutan dari keluarga agar kamu cepat memiliki pekerjaan juga turut serta menambah beban pikiran kamu.

Biasanya kamu sering merasa cemas dan sensitif setiap memikirkan semua hal yang berhubungan dengan dunia kerja. Pada akhirnya kamu selalu takut untuk keluar dari zona nyaman dan kembali menjadi pribadi yang tidak produktif. Berikut ini tanda sebenarnya kamu belum siap masuk dunia kerja.

Baca juga: 3 Jurusan Kesehatan yang Dibutuhkan Dunia Kerja

Kamu sering merasa tidak percaya diri

Kamu biasanya masih sering minder dan merasa tidak punya cukup wawasan tentang pekerjaan yang ingin kamu tuju. Saat bekerja, tentunya dibutuhkan keterampilan dan ilmu yang mumpuni agar bisa menyelesaikan suatu proyek yang dibebankan olehmu. Sebenarnya kamu masih punya cukup waktu untuk kembali belajar dan berlatih agar bisa memaksimalkan keterampilan yang telah kamu asah tersebut.

Sekarang sudah banyak media online yang menawarkan kursus-kursus gratis hingga berbayar yang dapat membantumu untuk belajar. Melalui wawasan tersebut, kamu bisa memulai untuk membuka bisnis sendiri ataupun melamar kerja di perusahaan yang kamu inginkan.

Kamu selalu takut untuk keluar dari zona nyaman

Kalau kamu adalah seseorang yang selalu takut untuk memulai dan enggan keluar dari zona nyamanmu, berarti kamu masih belum siap secara mental untuk bekerja. Padahal sebagai manusia, pada dasarnya harus selalu mampu melewati rintangan yang ada dalam hidup mereka.

Kamu bisa memikirkan lagi mengenai prinsip dan tujuan kamu, tentang mengapa kamu harus bekerja, untuk mengembalikan motivasimu yang telah memudar. Bila kamu selalu menunda dan tidak pernah memulai, kamu bisa saja kehilangan waktu emasmu untuk hidup produktif.

Baca juga: 3 Etika Dalam Dunia Kerja untuk Milenial

Kamu terlalu sering membandingkan dirimu dengan kehidupan di sekitar

Dalam beberapa kasus, adakalanya membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat membangkitkan motivasi kamu untuk lebih bekerja keras. Namun akan menjadi hal yang berbeda jika kamu terlalu fokus pada kelemahan kamu, sehingga tidak lagi memiliki motivasi untuk bangkit.

Terutama dalam hal karier. Daripada terus-terusan berfokus untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang sudah bekerja, akan lebih baik bagi kamu untuk mengisi waktu yang terbuang tersebut, untuk belajar sesuatu dan meningkatkan keahlian yang kamu miliki.

Sekian artikel tentang tanda belum siap masuk dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Realita yang Terjadi di Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar