3 Jurusan Kesehatan yang Dibutuhkan Dunia Kerja
Siker.id | 12 Mar 2022 19:30


Bagikan ke
Jurusan bidang kesehatan yang dibutuhkan dunia kerja. (siker)

siker.id - Jurusan kuliah di bidang kesehatan tak hanya terbatas pada kedokteran, kedokteran gigi, farmasi atau psikologi. Ada sejumlah jurusan terkait bidang kesehatan yang lulusannya banyak dibutuhkan dalam dunia kerja. Bila kamu merupakan siswa jurusan IPA dan saat ini berencana melanjutkan kuliah dan berkeinginan berkarier di industri kesehatan, ada jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan mengingat kebutuhan pangsa pasar kerja untuk jurusan ini sangat besar. Berikut, jurusan-jurusan kuliah bidang kesehatan lain yang lulusannya banyak dicari di dunia kerja:

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Radiologi

Radiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan implementasi radiasi gelombang. Awalnya, teknologi radiologi yang digunakan untuk memindai kondisi tubuh manusia menggunakan radiasi sinar-x. Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini tidak hanya lagi menggunakan sinar-X tetapi menggunakan ultrasonik (MRI dan USG).

Fisioterapi

Seorang fisioterapis berperan dalam memandu rehabilitasi yang dibutuhkan pasien dengan latihan fisik seperti gerakan olahraga. Dengan kata lain, fisioterapis membantu memulihkan fungsi anggota tubuh dan memperbaiki kemampuan bergerak yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Fisioterapis biasanya bekerja di rumah sakit atau klinik fisioterapi khusus. Dalam melaksanakan perannya, seorang fisioterapis tak jarang untuk mendatangi rumah pasien sehingga jam kerja mereka lebih fleksibel.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Kerja Berlebihan Tidak Baik Buat Kesehatan

Teknik Biomedik

Rumah sakit memiliki deretan alat-alat canggih masa kini seperti pengukur detak jantung, CT-Scan, MRI, hingga mesin yang digunakan untuk rontgen. Semua peralatan ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi dan ilmu biomedis. Jurusan Teknik Biomedis merupakan gabungan dari dua ilmu penting yaitu ilmu teknik atau engineering dan ilmu medis atau kedokteran. Tujuan dari bidang ilmu ini sebenarnya untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis. Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa melakukan pengukuran, perawatan, dan kalibrasi peralatan medis yang ada di rumah sakit.

Sekian artikel tentang 3 jurusan Kesehatan yang dibutuhkan dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Ditempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar