3 Etika Dalam Dunia Kerja untuk Milenial
Siker.id | 12 Mar 2022 15:30


Bagikan ke
Etika dalam dunia kerja buat kaum milenial. (siker)

siker.id - Istilah generasi milenial adalah mereka yang lahir di antara tahun 1980-2000. Generasi milenial juga notabene tumbuh di era di mana informasi dan teknologi semakin mudah didapat dan dirasakan secara cuma-cuma. Untuk kamu yang sekarang ini sudah berusia 21 tahun ke atas, besar kemungkinan kamu adalah bagian dari generasi milenial yang baru mulai atau sedang berkarier di dunia kerja.

Perlu kamu ketahui, di dalam dunia kerja, pola pikir dan etika yang tepat menjadi salah satu faktor utama dalam meraih kesuksesan. Hal ini penting, karena kita dituntut agar dapat beradaptasi dan belajar dengan atasan atau rekan kerja dari generasi yang berbeda. Oleh karena itu ikuti etika dalam dunia kerja yang perlu diketahui kaum milenial!

Baca juga: Generasi Milenial Memiliki Daya Tarik terhadap PNS

Mendengarkan Dahulu Sebelum Berpendapat

Di dalam dunia kerja kita perlu belajar untuk lebih banyak mendengarkan sebelum berbicara. Biasakan diri untuk mendengarkan terlebih dahulu opini rekan kerja atau atasan sebelum berpendapat.

Menjadi seseorang yang aktif dan memberikan pendapat di tempat kerja memang baik adanya. Namun, kita juga perlu belajar untuk lebih banyak mendengarkan sebelum berbicara. Dengarkan dahulu setiap pendapat yang muncul saat rapat atau diskusi. Setelah mendengarkan, barulah kita memproses semua informasi yang didapat dan memberikan argumen yang sesuai.

Berpakaian Rapi

Berpakaian rapi merupakan salah satu ciri profesionalitas di dunia kerja. Berpakaian rapi ini tidak hanya terbatas pada setelan kemeja rapi, celana bahan dan sepatu pantofel saja. Akan tetapi, ini juga tergantung budaya busana di tempat kita bekerja.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan startup yang tidak mewajibkan para karyawannya untuk berpakaian ala korporat. Ciri khas busana karyawan startup yang kasual dan modis semakin menjadi tren untuk kaum milenial zaman sekarang.

Baca juga: 3 Perbedaan Milenial dan Generasi Z di Dunia Kerja

Siap Bertanggung Jawab

Memiliki sikap tanggung jawab adalah hal yang sangat penting di dunia kerja. Kita harus selalu siap menerima konsekuensi atas segala tindakan dan hasil kerja kita setiap saat.

Sikap tanggung jawab ini juga mencakup banyak hal, dan salah satunya adalah ketepatan waktu. Biasakan untuk tiba di tempat kerja sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Hadiri meeting dengan rekan kerja atau atasan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sekian artikel tentang etika dalam dunia kerja untuk kaum milenial. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Cara Kaum Milenial Menghasilkan Uang


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar