icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Metalurgi
Siker.id | 11 Mar 2022 19:15


Bagikan ke
Prospek kerja metalurgi. (siker)

siker.id - Kamu yang tertarik masuk jurusan metalurgi tentu punya alasan sendiri kenapa memilih jurusan ini. Entah itu karena bagian dari hobi, sedekar penasaran dengan program studinya, karena memiliki peluang karir yang luas atau ada alasan lainnya, yang terpenting jika kamu belajar bersungguh-sungguh maka dijamin tidak akan menyesalinya setelah lulus nanti.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui jurusan kuliah satu ini, bahkan mendengarnya pun belum pernah. Lantas apasih sebenarnya jurusan Teknik Metalurgi itu?

Teknik metalurgi adalah program studi yang berisikan seni, ilmu dan teknologi untuk mengolah mineral dan logam serta merekayasa sifatnya sesuai keinginan. Metalurgi lebih fokus kepemahaman rekayasa suatu material untuk dimanfaatkan untuk hal-hal tertentu. Seperti halnya merekayasa besi menjadi baja untuk membangun sebuah struktur dan juga merekayasa sebuah polimer menjadi plastik untuk berbagai macam keperluan.

Pada proses perkuliahannya di program studi Teknik Metalurgi, kamu nantinya akan belajar mengenai berbagai hal yang menarik. Diantaranya ada operasi teknik metalurgi, termodinamika metalurgi, kimia analitik, refraktori, coating, kimia fisik, pengolahan mineral, metode numerik, teknik tenaga listrik, perhitungan proses metalurgi, pirometalurgi.

Bagi kamu yang kuliah di jurusan Teknik Metalurgi, beberapa prospek kerja Teknik Metalurgi yang bisa kamu jadikan pilihan setelah lulus kuliah di antaranya :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Industri Pertambangan

Prospek kerja yang pertama yaitu industri pertambangan. Tidak dapat disangkal bagi pencari kerja, bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan adalah impian akan masa depan yang cerah. Perusahaan pertambangan minyak dan gas dikenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji/kompensasi tinggi yang nantinya menjadi daya tarik menggiurkan bagi setiap pencari kerja.

Gaji yang diperoleh karyawan perusahaan tambang minyak yaitu mulai dari 4 juta rupiah hingga mencapai 7 juta rupiah per bulan.

Industri Ekstraksi dan Peleburan Logam

Pekerjaan di sektor ini sangat cocok bagi lulusan teknik metalurgi. Logam adalah hasil tambang yang pada awalnya didapatkan dalam bentuk mentah. Tentunya barang mentah itu harus diolah agar menjadi barang setengah jadi ataupun barang jadi. Untuk urusan olah mengolah logam, lulusan teknik metalurgi tidak perlu diragukan lagi.

Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi pelebur logam yaitu dari 3 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Fisika Murni

Industri Baja

Tentu saja pekerjaan ini cocok bagi lulusan teknik metalurgi karena berhubungan dengan pengolahan logam. Karena tingginya permintaan pasar akan baja, industri ini berkembang pesat dan membutuhkan lulusan teknik metalurgi yang ahli di bidangnya.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dari bekerja di industri baja yaitu sekitar 4 juta rupiah hingga mencapai 6 juta rupiah per bulan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan metalurgi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Oseanografi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar