icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Anggapan Keliru dalam Dunia Kerja
Siker.id | 11 Mar 2022 13:15


Bagikan ke
Anggapan keliru dalam dunia kerja. (siker)

siker.id - Dunia kerja terkadang menjadi sesuatu menantang bahkan menakutkan bagi sebagian orang yang baru akan terjun ke dalamnya. Anggapan ini ternyata tidak sepenuhnya salah, mengingat ketatnya persaingan saat ini membuat masing-masing pekerja berusaha meningkatkan skill untuk tetap bisa bertahan. Disamping itu, ada juga, lho, orang yang memiliki anggapan-anggapan yang keliru tentang dunia kerja, sehingga memunculkan permasalahan-permasalahan saat sudah terjun ke dalamnya. Anggapan ini datang karena sudah ada sejak jaman orang tua terdahulu sehingga menimbulkan hal yang salah kaprah dalam memahaminya. Berikut ini beberapa anggapan yang sering kita temui dalam dunia kerja yang sebenarnya keliru.

Baca juga: Hustle Culture di Dunia Kerja

Kerja Lebih Penting Daripada Pendidikan

Anggapan keliru tentang dunia kerja ini sering dilontarkan pada fresh graduate, menganggap bekerja lebih penting atau lebih baik daripada pendidikan itu juga tidak benar. Memang tujuan akhir dari menempuh pendidikan adalah bekerja, tetapi bukan berarti pendidikan tidak penting. Justru dengan menempuh pendidikan kamu bisa mendapat pekerjaan yang lebih bagus.

Bekerja untuk Foya-foya

Anggapan keliru tentang dunia kerja lainnya yang harus segera kamu hindari, adalah bekerja untuk foya-foya. Menikmati hasil keringat sendiri memang tidak ada salahnya, tetapi kalau berfoya-foya tanpa memikirkan kebutuhan juga tidak baik.

Jangan niatkan bekerjamu untuk berfoya-foya karena itu akan membuat kerja kerasmu sia-sia. Hanya demi kesenangan sesaat, kamu melupakan kebutuhan, masa depan, dan tanggung jawabmu. Semua akan terasa saat usiamu tak mampu lagi digunakan untuk bekerja, tak ada hasil yang bisa kamu nikmati.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Empati di Dunia Kerja

Bekerja karena Gaji Tinggi

Bekerja dengan gaji tinggi memang impian semua orang, tapi kalau kamu bekerja hanya karena gaji yang tinggi bisa jadi anggapan itu keliru. Bekerja bukan hanya tentang gaji, tapi bagaimana kamu melakukan dan melalui setiap tantangan setiap harinya.

Bukankah sia-sia bila memiliki gaji tinggi, tapi tiap hari kamu tersiksa dengan berbagai tuntutan yang membuatmu bahkan tak bisa tidur dengan tenang. Bekerjalah karena kamu senang dan ikhlas, memang tidak ada pekerjaan yang enak, tapi setidaknya kamu tidak dihantui keresahan dan hasil yang kamu dapatkan juga bisa dinikmati.

Sekian artikel tentang 3 anggapan salah dalam dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Jurusan yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar