Berikut Perbedaan Jenjang Pendidikan D3 dan S1
Siker.id | 10 Mar 2022 20:30


Bagikan ke
Perbedaan pendidikan D3 dan S1. (siker)

siker.id - Sejak awal tahun, biasanya kampus atau pendidikan tinggi mulai gencar sosialisasi PMB 2021. Bagi lulusan SLTA dan ingin lanjut kuliah, maka harus paham beberapa hal. Terlebih yang ingin kuliah Sarjana. Tentu, kalian bisa memilih program D4 atau S1. Sebenarnya, D4 dan S1 itu sama apa beda ya? Melansir akun Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi & Profesi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, D4 itu setara dengan S1. Tapi, lulusannya tentu akan beda. Terutama saat masuk dunia kerja, beberapa perusahaan mungkin membutuhkan lulusan dengan kualifikasi tertentu, seperti S1 dan D4.

Sikers, kamu suka overthinking nggak? Mikirin mau jadi apa, kerja dimana, siapa jodohnya (eh, masih lama itu mah). Pikiran tadi seringkali datang menghampiri, terutama buat kamu yang sedang duduk di bangku SMA. Udah mulai pusing nentuin jurusan dan universitas.

Sesuai dengan judulnya, kali ini kita bakal membahas perbedaan kuliah Sarjana vs Diploma (Vokasi). Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang berfokus pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Sedangkan sarjana berfokus pada pengetahuan teoritis.

Ada yang bilang kalau lulusan D3 itu jarang dicari perusahaan. Ah, jangan percaya mitos dulu!

Berikut ini beberapa perbedaan D4 dan S1:

Baca juga: Manfaat Magang Bersertifikat Bagi Mahasiswa

1. Berdasar Undang-undang Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, program sarjana (S1) merupakan pendidikan akademik yang menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual. Atau menyiapkan menjadi ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. Sedangkan program diploma empat (D4) merupakan pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi yang terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan keahliannya. Nantinya, lulusan S1 berhak mendapatkan gelar sarjana. Sedangkan lulusan D4 berhak mendapatkan gelar sarjana terapan.

2. Berdasar Permendikbud Sementara menurut Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, program S1 dan D4 sama-sama memiliki masa belajar paling lama 7 tahun dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 44 SKS.

Baca juga: Kesulitan Mahasiswa dalam Menentukan Judul Skripsi

3. Berdasar Perpres Menurut Perpres Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), baik lulusan S1 maupun D4 setara dengan jenjang kualifikasi pada KKNI yakni paling rendah jenjang 6. Penyetaraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI ini berdasarkan capaian pembelajaran yang dihasilkan oleh program S1 dan D4. Jadi, lulusan S1 dan D4 setara kualifikasinya, namun kompetensi atau keterampilan yang dihasilkan lulusannya berbeda.

Sekian artikel tentang perbedaan D3 dan S1. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Tidak Dikejar Deadline Bagi Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar