icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Berani Bilang “Tidak” di Luar Jam Kerja
Siker.id | 10 Mar 2022 19:00


Bagikan ke
Berani bilang tidak diluar jam kerja. (siker)

siker.id - Atasan yang menghubungi di luar jam kerja merupakan keluhan yang paling sering disampaikan oleh para karyawan. Harapan untuk bersantai dan beristirahat seringkali gagal karena diminta bos mengerjakan pekerjaan yang dianggap urgent. Banyak yang merasa sungkan, tidak enak hati bahkan takut untuk menolak permintaan tersebut. Akibatnya, tentu saja waktu pribadi kita terpakai sehingga mengganggu work-life balance yang seharusnya tercipta.

Sayangnya, pola perilaku ini semakin sering dijumpai, khususnya di era kerja jarak jauh selama pandemi Covid-19. Tak peduli malam hari atau akhir pekan, atasan tetap meminta kita mengutamakan pekerjaan, apapun alasannya.

Ada beberapa kondisi yang membuat atasan kita cenderung sering menghubungi di luar jam kerja. Misalnya saja lingkungan kantor yang kecil dengan pekerja yang relatif sedikit, sehingga banyak urusan yang tidak tertangani dengan baik. Atasan yang tidak peka dan tidak menghargai batas-batas waktu pribadi juga menjadi penyebab utamanya. Selain itu, kebiasaan kita bersikap tidak enakan sehingga selalu menurut jika diminta bekerja di luar jam kantor juga berpengaruh. Agar tak lagi merasa tersiksa, biasakan untuk berani menolak ketika atasan menghubungi di luar jam kerja. Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa tips untuk berani bilang tidak kepada atasan diluar jam kerja:

Baca juga: 3 Cara Hadapi Kritikan di Tempat Kerja

Jangan memberikan alasan penolakan konyol

Sudah menjadi sifat alami manusia yang perlu memberikan pembenaran ketika harus menolak permintaan orang lain. Hal ini membuat kita merasa berhutang alasan kepada atasan ketika diminta bekerja di luar jam kantor, padahal sebenarnya tidak. Tolak permintaan bos kita dengan halus dan tegas, serta alasan yang jelas. Jangan malah menghindari dengan alasan konyol seperti membersihkan rumah atau membeli tirai baru.

Bersikap tegas dan konsisten

Ada kalanya atasan akan terus menghubungi meskipun kita sudah menolak permintaannya untuk bekerja di luar jam kantor. Penting untuk bersikap tegas dan konsisten dengan penolakan kita karena dapat berpengaruh di kemudian hari. Jika kita mengiyakan permintaannya maka mereka akan melakukannya lagi di masa depan dan semakin sulit untuk menolaknya.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Empati di Dunia Kerja

Perhatikan kondisinya

Kita mungkin khawatir penolakan tersebut akan membuat atasan berpikiran buruk, marah atau gagal mendapatkan promosi di kantor. Untuk menjaga hubungan tetap baik, sampaikan penawaran yang lebih positif misalnya mengerjakannya segera ketika jam kantor. Pilihan tersebut menunjukkan komitmen kita pada pekerjaan sekaligus melunakkan penolakan yang disampaikan sebelumnya. Bisa juga memberikan saran solusi masalah yang urgent tersebut atau menyarankan atasan menghubungi rekan kerja lain, yang dipastikan bersedia diganggu di luar jam kantor.

Sekian artikel tentang tips katakana tidak diluar jam kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Iri dan Menyebalkan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar