Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris
Siker.id | 10 Mar 2022 17:30


Bagikan ke
Prospek untuk jurusan sastra inggris. (siker)

siker.id - Prospek kerja Sastra Inggris selalu diminati dan dicari oleh para mahasiswa jurusan Sastra Inggris ketika ingin melamar kerja. Bahkan sebelum mengambil keputusan memilih jurusan sastra Inggris pun mereka sudah banyak yang mencari tahu apa saja prospek kerja dan gaji yang didapat. Karena dalam pengambilan jurusan sangat penting untuk mengatahui prospek kerja di masa yang akan datang setelah lulus. Itulah tujuan utama setelah lulus, yakni untuk mendapat pekerjaan dengan gaji yang cukup.

Sastra Inggris merupakan jurusan bagi kamu yang ingin mempelajari tentang Bahasa Inggris dari sisi sastra dan linguistiknya secara lebih mendalam. Selain itu, kamu juga melakukan banyak kajian terhadap karya karya, serta kebudayaan yang dimiliki berbagai negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Utama/Bahasa Ibu, dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri bahwasannya Sastra Inggris merupakan salah satu jurusan yang kerap kali dianggap remeh. Masyarakat luar yang tidak mengetahui secara detail tentang apa saja yang dipelajari di jurusan Sastra Inggris, akan menganggap buang-buang uang untuk masuk Sastra Inggris, padahal bisa les Bahasa Inggris saja dengan biaya yang lebih murah. Padahal, jurusan Sastra Inggris tidak hanya belajar tentang berbicara dan membaca Bahasa Inggris, adanya kajian kajian sastra, budaya, sejarah, dan ilmu-ilmu lain yang luas yang perlu diketahui dan dipelajari.

Prospek kerja bagi lulusan Sastra Inggris cukup luas. Pendapatan atau gaji yang diberikan dalam pekerjaan juga sangat menggiurkan, rate gaji juga dapat tembus hingga Miliaran rupiuah. Jadi, Sastra Inggris bukanlah jurusan yang sembarangan, lulusan dari Sastra Inggris mempunyai kemampuan untuk memperoleh prospek kerja dan gaji yang sangat memuaskan.

Berikut beberapa Prospek kerja Sastra Inggris:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Diplomat

Siapa bilang untuk menjadi diplomat hanya untuk mahasiswa dari lulusan jurusan Hubungan Internasional? Kamu yang dari lulusan Sastra Inggris juga bisa loh menjadi Diplomat. Menjadi diplomat tentu bukan pekerjaan yang mudah, kamu perlu mewakili Indonesia untuk melakukan diplomasi dengan berbagai negara, serta menjadi perwakilan negara pada saat ada pertemuan. Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang telah dipelajari pada saat masuk jurusan Sastra Inggris, dapat membuat kamu memperoleh peluang besar untuk dapat menjadi diplomat karena salah satu syarat menjadi diplomat, harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik.

Writer

Lulusan sastra Inggris juga dapat menjadi penulis. Kalian dapat menulis majalah atau publikasi online yang di mana saat ini kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris. Tidak usah diragukan gajinya, menjadi freelance writer saja kamu akan mendapatkan gaji rata-rata Rp365 ribu per jam, atau sekitar Rp8 juta per hari, dan jika dihitung perbulan, kamu akan mendapat gaji sekitar Rp271 juta per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Penerjemah

Tentu lulusan Sastra Inggris dapat menjadi penerjemah Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, begitu pun sebaliknya. Penerjemah ini juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan, ataupun penerbit buku. Menjadi translator/penerjemah juga dapat kamu lakukan secara online. Tapi gaji yang diperoleh lumayan, yakni Rp5 juta-Rp7 Juta per bulan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan sastra inggris. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Fisika Murni


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar