3 Cara Meningkatkan Empati di Dunia Kerja
Siker.id | 10 Mar 2022 14:30


Bagikan ke
Cara meningkatkan empati di dunia kerja. (siker)

siker.id - Empati bisa dikatakan sebagai suatu kemampuan untuk mengenali perasaan orang lain dan turut serta merasakan apa yang mereka rasakan. Dalam dunia kerja, empati ternyata memiliki peranan yang penting.

Empati ternyata dapat membantumu untuk memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarmu. Apalagi bila ada dalam sebuah tim kerja, kamu akan dituntut untuk memiliki hubungan dengan banyak orang dengan berbagai macam latar belakang, sifat, karakter.

Secara otomatis, empati sangat berperan penting untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu intip tips-tips untuk meningkatkan empati di dunia kerja!

Baca juga: Cara Berpikir Dewasa tentang Persaingan di Dunia Kerja

Batasi Toxic Positivity

Apakah kamu kerap memberikan nasihat untuk berpikir positif kepada temanmu yang sedang curhat? Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Temanmu pasti merasa tak betah. Bukannya merasa lega, justru kalimatmu secara tak langsung menyalahkan mereka dan membuat mereka tersimggung. Kehadiranmu tentu sudah sangat cukup bagi mereka. Jadi tak perlu menambahi dengan ucapan positif yang malah toksik.

Perluas Koneksi Sosial

Empati juga bisa tumbuh ketika kita melihat kehidupan orang-orang yang berbeda dari kita. Jadi salah satu cara untuk meningkatkan empati adalah dengan memperluas koneksi sosialmu. Jangan mau dibatasi oleh circle tertentu yang akan terasa sangat mengekang.

Dengan cara ini, kamu nantinya akan dihadapkan dengan lingkungan, masalah, dan tantangan baru serta belajar cara untuk menghadapinya. Tentunya ini adalah pengalaman hidup yang berharga.

Baca juga: Berikut Kebiasaan Berbahaya Introvert di Dunia Kerja

Latih Kuriositas

Di zaman modern seperti sekarang, manusia cenderung bersikap egois dan individualis. Tanpa disadari, inilah salah satu penyebab hilangnya empati kepada orang lain. Kamu harus berinisiatif mencari tahu agar bisa berinteraksi lebih dekat dengan orang lain.

Hindari melakukan penghakiman, kritik, dan kebiasaan menyalahkan orang tanpa alasan. Inilah pentingnya empati dan kuriositas, sehingga kamu tidak asal memberi opini, tapi berusaha mencari tahu kebenaran di balik pilihan atau sikap seseorang.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan empati di dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Atasi Hambatan saat Bekerja Sama di Dunia Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar