Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual
Siker.id | 09 Mar 2022 18:00


Bagikan ke
Prospek untuk lulusan desain komunikasi visual.

siker.id - Salah satu jurusan di Indonesia yang memiliki banyak peminat lainnya adalah jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang biasa disingkat DKV. Ternyata memang ada alasan mengapa jurusan ini banyak peminat yakni prospek kerja luas dengan gaji menarik. Jurusan DKV biasanya di beberapa kampus masuk ke dalam bagian Fakultas Seni Rupa dan Desain, di mana jurusan DKV ini bisa dibilang memiliki persaingan yang cukup tinggi karena peluang dan prospek kerja DKV memang cukup menjanjikan di era industri 4.0.

Jurusan desain komunikasi visual merupakan salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan berbagai elemen visual ataupun rupa untuk bisa menyampaikan pesan atas tujuan tertentu. Biasanya mahasiswa sarjana DKV dituntut untuk bisa dan mampu mengolah pesan dan konsep komunikasi tersebut secara efektif, informatif, dan komunikatif. Sehingga, mahasiswanya tidak hanya perlu bakat menggambar saja, tapi juga harus punya kreativitas tinggi untuk bisa mengemas sebuah karya sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Kreativitas itulah yang harus bisa disampaikan mahasiswa DKV melalui berbagai karya desain di berbagai media. Seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan lain-lainnya.

Berikut ini prospek kerja jurusan dkv :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah Kota

Web Designer

Prospek kerja DKV yang pertama adalah Web Designer. Pekerjaan Web Designer ini bisa dibilang sangat populer dan selalu dicari oleh banyak perusahaan. Kamu bisa bekerja menjadi seorang Web Designer freelancer atau karyawan kantoran yang membuat bidang ini sangat populer.

Visual Designer

Prospek kerja DKV yang kedua adalah menjadi seorang Visual Designer. Dimana buat kamu yang memiliki keahlian dalam visual designer bisa memanfaatkan berbagai peluang ini. Pekerjaan Visual Designer memiliki tugas kerja yang mirip dengan Web Designer. Bedanya adalah lingkup kerja Visual Designer ini lebih luas dari hanya mendesain sebuah website, karena kau akan bekerja untuk mendesain sebuah brand atau produk. Untuk penghasilan yang bisa kamu dapatkan menjadi Visual Designer adalah Rp5 juta per bulan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Graphic Designer

Prospek kerja DKV berikutnya adalah menjadi seorang Graphic Designer. Tugas kamu menjadi Graphic Designer adalah membuat desain grafis menggunakan aplikasi desain grafis yang ada. Pendapatan yang bisa didapat sebagai seorang pekerja graphic designer berkisar Rp5juta per bulan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan desain komunikasi visual. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar