Prospek Kerja Jurusan Fisika Murni
Siker.id | 09 Mar 2022 16:30


Bagikan ke
Prospek untuk lulusan fisika murni. (siker)

siker.id - Bagi calon mahasiswa baru terutama anak IPA jurusan Fisika Murni bisa menjadi peluang studi selanjutnya di perguruan tinggi . Sebab lulusan Fisika Murni ternyata memiliki peluang karier dan gaji yang menjanjikan. Mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan Fisika itu masih terbagi lagi atas Pendidikan Fisika, Fisika Murni dan Teknik Fisika. Jurusan Pendidikan Fisika sendiri mencetak calon-calon pengajar atau akademisi. Selain belajar tentang Ilmu Fisika, kuliah di Jurusan Pendidikan Fisika juga akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang bagaimana cara mengajar, menyusun perangkat pengajaran, menangani murid, dan masih banyak lagi. Sedangkan Fisika Murni terkadang dikenal juga sebagai Fisika MIPA. Mahasiswanya akan diarahkan untuk menjadi seorang ilmuwan dengan dasar-dasar teori Fisika yang kuat. Alhasil, mahasiswanya akan semakin akrab dengan berbagai rumus dan hitungan Fisika.

Sementara Teknik Fisika akan mempelajari ilmu Fisika yang berguna sebagai dasar ilmu teknik. Sebagai seorang calon insinyur, tidak hanya dituntut untuk memahami teori-teori Fisika, tetapi juga dilatih untuk menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan Fisika di lapangan. Lalu apa saja peluang kerja lulusan Fisika Murni? Melansir dari berbagai sumber.

Berikut ini karier yang bisa dijalani lulusan Fisika Murni dan juga kisaran gajinya. Kisaran gaji yang didapat tentunya akan tergantung dari kemampuan dan pengalaman masing-masing.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Oseanografi

Ilmuwan Peluang atau prospek kerja Fisika Murni

Tentunya bisa menjadi ilmuwan Fisika. Jika ingin menjadi ilmuwan sepenuhnya, bisa masuk ke FMIPA jurusan Fisika. Siswa yang suka belajar mengenai ilmu fisika, bisa fokus dan menamatkan pendidikan di jurusan ini. Menjadi ilmuwan Fisika tidak hanya bisa bergabung dengan institusi dalam negeri namun tidak menutup kemungkinan bisa berkarier hingga mancanegara. Dari profesi ini, bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

PNS

Sebagai lulusan jurusan Fisika Murni juga dapat bekerja sebagai ASN atau PNS yang menjadi salah satu pekerjaan idaman banyak orang. Saat tes CPNS, bisa mendaftar ke lembaga tertentu yang memerlukan peneliti seperti LIPI, BATAN, dan LAPAN. Gaji seorang PNS sangat bergantung pada jabatan dan golongannya. Untuk lulusan S1, kisaran gajinya sekitar Rp5 juta per bulan dan belum termasuk tunjangan lainnya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Farmasi

BUMN

Bekerja di perusahaan plat merah atau BUMN juga bisa dicoba dilamar setelah lulus kuliah nanti. Misalnya saja ke perusahaan Pertamina, PLN, dan perusahaan-perusahaan BUMN lainnya. Gaji pegawai tetap di BUMN tentu saja sangat besar dan menjamin kehidupan yang layak. Kisaran gajinya sekitar Rp5 juta setiap bulannya dan ditambah dengan tunjangan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan fisika murni. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar