Tips Melamar Kerja si IPK Kecil
Siker.id | 09 Mar 2022 15:45


Bagikan ke
Tips melamar kerja bagi mereka yang ber-IPK kecil. (siker)

siker.id - Melamar pekerjaan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang kecil memang bisa menjadi satu persoalan. Namun mahasiswa ataupun lulusan baru tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mensiasatinya untuk mendapat pekerjaan di perusahaan impian. Kalau kamu lulusan baru dengan IPK rendah, jangan patah semangat dan juga jangan rendah diri ketika sudah waktunya melamar kerja. Sebab sejatinya dunia kerja itu membutuhkan orang-orang yang mempunyai komitmen untuk belajar dan berkembang. Selain itu, IPK juga bukan menjadi satu-satunya tolak ukur dalam menilai profesionalitas kerja, kreativitas, teamwork, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan komunikasi, dan keterampilan lainnya. Maka dari itu, IPK rendah bukanlah akhir dari dunia.

Berikut ini tips melamar pekerjaan bagi lulusan dengan IPK kecil agar bisa mengejar mimpinya.

Baca juga: Berikut Perbedaan Mencari Kerja dan Dicarikan Kerja

1. Mulailah dengan mencari pekerjaan untuk posisi magang Pengalaman kerja menjadi poin yang lebih diutamakan banyak perusahaan dibanding nilai akademis yang sempurna. Memiliki pengalaman magang di beberapa perusahaan akan menambah value dan wujud kompetensi yang dimiliki. Perusahaan tidak akan menghiraukan seberapa besar atau rendahnya IPK jika kandidat memiliki pengalaman magang sebagai nilai profesionalitas dalam bekerja, terlebih kalau pernah magang di perusahaan ternama.

2. Bergabung dengan kegiatan sukarelawan Punya banyak pengalaman sebagai sukarelawan dalam berbagai kegiatan juga bisa dijadikan senjata untuk menaklukan recruiter. Pengalaman kerja dan keaktifan sebagai bagian dari kegiatan-kegiatan sosial menjadi nilai lebih di mata perusahaan. Tidak peduli berapa IPK yang dimiliki, jika pelamar kerja terbukti punya jiwa sosial yang tinggi, bisa berkoordinasi dengan tim, punya pengalaman mengurus organisasi, pengalaman tersebut bisa membawamu pada pekerjaan di perusahaan impian.

Baca juga: 3 Tips Membuat Meja Kerja menjadi Lebih Hidup

3. Kembangkan aspek keterampilan lain Tak perlu berkecil hati kalau IPK-mu terbilang rendah, kalian bisa mengasah keterampilan lain yang lebih praktikal dalam dunia kerja. Seperti keterampilan berkomunikasi, negosiasi, kemampuan digital, media sosial dan teknologi yang sekarang ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan.

4. Sempurnakan CV Setelah punya pengalaman magang dan sukarelawan, selanjutnya bisa menambahkan pengalaman tersebut dan mengemas CV menjadi lebih menarik. Tonjolkan pengalaman dan kompetensi yang dimiliki. Masukan informasi yang relevan dengan posisi kerja yang mau dilamar. Perhatikan juga kesalahan pengetikan, hindari typo dan penjelasan yang bertele-tele.

Sekian artikel tentang tips melamar kerja bagi yang IPK kecil. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menjadi Rekan Kerja yang Baik dan Supportif


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar