3 Tips Menghindari Food Coma setelah Makan Siang
Siker.id | 09 Mar 2022 14:30


Bagikan ke
Menghindari food coma setelah makan siang. (siker)

siker.id - Makan siang merupakan hal yang ditunggu terutama bagi kaum pekerja kantoran yang memiliki jam istirahat yaitu jam 12.00 – 13.00. Pada saat itu Anda baru menikmati makan siang yang menyenangkan, berkumpul bercengkrama dengan kolega serta rekan kerja dan sebelum Anda juga menyadarinya, Anda harus berjuang untuk tetap terjaga di tempat kerja. Jangan khawatir, berikut adalah cara menyegarkan kembali diri Anda dan menghindari 'food coma' yang ditakuti banyak pekerja.

Baca juga: Berikut 5 Kegiatan yang Dilakukan Saat Istirahat Kerja

Makan siang yang ringan dengan banyak protein

Setelah makan, tubuh Anda mengangkut lebih banyak darah ke sistem pencernaan Anda. Makanan berat membutuhkan lebih banyak darah, yang menyebabkan kekurangan darah dan nutrisi sementara di otak Anda, yang menyebabkan rasa pening. Kurangi karbohidrat seperti pasta dan roti, karena membuat otak Anda memproduksi serotonin, zat kimia yang membantu menciptakan suasana hati yang tenang dan menyenangkan, sekaligus membuat triptofan, zat kimia yang bertanggung jawab atas kantuk. Protein adalah cara terbaik karena terbukti membuat Anda merasa lebih kenyang dibandingkan dengan jumlah kalori yang sama dari karbohidrat atau lemak.

Minum banyak air

Pastikan untuk menghindari minuman berkarbonasi atau minuman manis setelah makan. Mereka dapat membuat kadar gula Anda lebih tinggi, menghambat orexin, zat kimia otak yang membuat Anda merasa terjaga. Memiliki banyak air tidak hanya baik untuk kesehatan, Anda juga akan mendapatkan energi karena terus berjalan ke toilet.

Baca juga: Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu Istirahat Kerja?

Makan sebuah apel

Lawan kantuk dengan mengunyah apel - semua gerakan rahang Anda dengan setiap gigitan renyah akan membuat Anda melewati kemerosotan di sore hari. Proses mencerna gula alami membantu membangunkan tubuh Anda dan kemudian mempertahankannya selama yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproses apel. Pilihan sehat ini pasti mengalahkan konsumsi kafein.

Sekian artikel tentang tips menghindari food coma setelah makan siang. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Bahwa Tubuh Memerlukan Istirahat


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar