icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat? Begini Prospek Kerjanya
Siker.id | 15 Nov 2021 13:25


Bagikan ke

siker.id - Jurusan kesehatan masyarakat masih menjadi salah satu program studi yang menjadi incaran banyak orang. Hal itu dikarenakan prospek kerja dari kesehatan masyarakat cukup banyak dan menarik.

Namun, jangan khawatir jika kamu masih cukup awam dengan prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat.

urusan kesehatan masyarakat mempelajari hal-hal mengenai pendidikan kesehatan, standar keselamatan, wabah penyakit, hingga masih banyak lainnya.

Saat berkuliah di jurusan ini kamu akan diberikan pengetahuan seputar apa saja faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ilmu yang satu ini juga bertujuan untuk menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial.

Salah satu hal yang menarik dari jurusan yang satu ini adalah tidak hanya mempelajari ilmu kesehatan. Namun, juga ilmu sosial karena nantinya kamu akan berhadapan langsung dengan masyarakat.

Jadi, jika kamu memang memiliki kepedulian yang besar dengan isu kesehatan dan suka memberikan edukasi kepada masyarakat, maka jurusan yang satu ini akan cocok untukmu.

Baca juga: Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa jurusan kesehatan masyarakat memiliki prospek kerja yang cukup luas.

1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Lulusan Kesehatan Masyarakat bisa bekerja sebagai tenaga Kesehatan dan Kesehatan Kerja (K3). Ilmu yang diajarkan dalam jurusan rumpun kesehatan ini punya cakupan yang luas dan banyak hal yang dipelajari.

Setiap perusahaan pasti menerapkan K3 sehingga peluang pekerjaan ini cukup banyak. Tugasnya adalah merancang sistem dan prosedur agar pekerja terhindar dari kecelakaan kerja saat bekerja selain mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan di perusahaan.

Sebagai staf K3, mereka yang terjun dalam profesi ini juga harus mampu mengidentifikasi dan menginvestigasi bahaya saat bekerja.

2. Administrator pelayanan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja Kesehatan Masyarakat di rumah sakit adalah administrator pelayanan kesehatan atau nama kerennya healthcare administrator.

Pekerjaan ini udah umum banget di kalangan lulusan Kesehatan Masyarakat. Tugas utama dari seorang administrator pelayanan Kesehatan Masyarakat adalah memastikan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh tenaga medis sudah efektif dan berkualitas.

Lingkup pekerjaan ini meliputi analisis kondisi ekonomi lingkungan dan fasilitas kesehatan serta perencanaan program kesehatan.

3. Epidemiologis

Epidemiologi berhubungan dengan insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit pada populasi. Untuk menjadi seorang epidemiolog, kamu sangat disarankan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dulu.

Bukan tanpa alasan, profesi ini menuntut keahlian dalam penyelidikan penyakit menular dan mencari tahu pencegahan dan pengobatannya. Selain itu, profesi ini melakukan perencanaan program kesehatan dan mengawasinya.

Untuk gaji seorang ahli epidemiologi sangat bervariatif. Jika kamu menginginkan gaji tetap, setidaknya kamu harus bekerja di pemerintahan seperti PNS. Dan rata-rata gaji ahli epidemiologi sama dengan gaji PNS pada umumnya.

4. Biostatistician

Pekerjaan yang satu ini memang terdengar asing. Biostatistician menerapkan ilmu matematika, statistika, dan data pada biologi. Seorang biostatistician akan sering bekerja dengan data dari mengumpulkan data di lapangan, menganalisisnya sampai melakukan tahap pengembangan.

Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang suka bekerja di laboratorium dan gak keberatan melakukan analisis dalam waktu yang lama.

Baca juga:  Lulusan Elektro? Coba Peluang Kerja Ini

5. Dosen

Untuk menjadi dosen, kamu juga harus menyandang gelar S2 terlebih dahulu.

Kemampuan mengajar dan komunikasi dengan anak didik sangat dibutuhkan sebagai seorang dosen. Selain itu, dosen Kesehatan Masyarakat perlu memiliki kemampuan melakukan penelitian dan menulis jurnal ilmiah.

Selain harus mampu mengajar, seorang dosen juga perlu memiliki kemampuan melakukan riset dan menulis jurnal ilmiah.

Gaji seorang dosen tergantung dimana tempat mengajarnya. Penghasilan dosen swasta dan negeri memiliki ketentuan perhitungan yang berbeda.

6. Promotor kesehatan

Gak cuma dokter aja, ternyata seorang lulusan Kesehatan Masyarakat bisa juga lho jadi promotor kesehatan apalagi kalau kamu memang punya bakat bersosialisasi. Promotor kesehatan adalah salah satu prospek kerja Kesehatan Masyarakat S1.

Gaji promotor kesehatan tiap bulannya berkisar di angka Rp3 juta. Namun masih bisa lebih besar lagi seiring dengan berjalanya waktu dan pengalaman.

7. Bagian administrasi rumah sakit

Siapa sangka lulusan Kesehatan Masyarakat bisa bekerja di bagian administrasi rumah sakit. Profesi ini gak kalah penting karena membantu keperluan administrasi pasien saat melakukan pemeriksaan. Gajinya berkisar antara Rp3,5 – Rp5 juta perbulan.

Bagian administrasi rumah sakit berbeda dengan administrator pelayanan kesehatan masyarakat. Administrator rumah sakit menjadi ‘pintu gerbang’ bagi pasien yang melakukan pendaftaran dan pengurusan kartu untuk rawat jalan maupun rawat inap atau sekadar memberi tahu informasi seputar biaya medical check-up.

Selain itu, mereka merinci pembiayaan sebagai gambaran biaya di awal. Terkadang, gambaran biaya tersebut bisa berubah setelah pasien menjalani perawatan dan pengobatan. Selanjutnya, bagian administrasi akan membantu mengarahkan pasien menuju bagian pembayaran atau kasir.

Jenjang pendidikan yang bisa melamar pekerjaan ini adalah D3 Kesehatan Masyarakat.

8. Pekerja sosial

Prospek kerja kesehatan selanjutnya adalah pekerja sosial atau nama kerennya adalah social worker. Profesi ini mempunyai merupakan profesi yang memberikan bantuan ataupun pertolongan berupa pelayanan pada individu, kelompok, maupun masyarakat yang membutuhkan.

Lingkup kerja pekerja sosial diantaranya dalam hal penanganan kemiskinan, penanggulangan bencana, penanganan orang dengan kecacatan, perlindungan anak, dan pengembangan masyarakat.

Kalau mau jadi pekerja sosial, kamu harus punya komitmen untuk mengambil bagian dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera juga lingkungan yang aman dan nyaman. Maka dari itu, para pekerja sosial aktif mendorong perubahan sosial dalam interaksi antara manusia juga lingkungannya.

Karier seorang pekerja sosial dimulai dengan menjadi relawan di proyek-proyek sosial untuk selanjutnya bergabung dengan institusi, seperti lembaga swadaya masyarakat maupun organisasi nirlaba. Mulailah dengan menjadi officer, kemudian bisa meningkat menjadi project manager.

Gaji seorang pekerja sosial berkisar antara Rp3 – Rp4,5 juta perbulannya. Gaji tersebut berbeda-beda di setiap tempat di mana kamu bekerja.

Ternyata banyak ya prospek kerja dari jurusan Kesehatan Masyarakat, jadi gak usah khawatir bagi lulusan jurusan ini karena cukup banyak lapangan kerja yang tersedia untukmu.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Kesehatan Masyarakat dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

 


Editor: Bagus -

     

Komentar