Tips Membuat CV ATS yang User Friendly
Siker.id | 07 Mar 2022 17:30


Bagikan ke
Membuat CV ATS yang user friendly. (siker)

siker.id - Bekerja di perusahaan besar merupakan impian hampir semua orang. Selain karena gaji dan tunjangan yang ditawarkan relatif lebih menggiurkan, bekerja di perusahaan besar juga merupakan kebanggaan tersendiri karena proses masuknya yang lebih sulit lantaran banyaknya pesaing yang ada. Karena banyaknya peserta yang melamar kerja, perusahaan besar umumnya menggunakan ATS (Applicant Tracking System) untuk mempercepat proses lamaran kerja.

ATS (Applicant Tracking System) adalah software atau sistem yang membantu HRD dalam proses lamaran kerja tahap screening. ATS akan mencatat, memilah, merekap, serta memberi nilai setiap CV pelamar kerja yang masuk. Semakin tinggi skornya, tandanya CV tersebut lebih direkomendasikan oleh sistem dan merupakan CV ramah ATS. Jika skornya tidak memenuhi standar, maka CV tersebut secara otomatis akan tertolak oleh sistem. Nah, CV ATS adalah CV yang dibuat khusus dengan format standar ATS agar dapat mudah dibaca oleh software ATS dan dapat diterima oleh sistem.

Berikut ini beberapa tips membuat cv ats friendly :

Baca juga: Berikut Kegiatan untuk Menunggu Jawaban Lamaran Kerja

Hindari desain CV ATS yang mencolok

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah sistem yang hanya peduli dengan data yang diterima. Desain CV ATS yang mencolok hanya akan menjadi penghalang bagi sistem untuk membaca dan memproses isi penting dari CV kamu. Desain CV yang cantik memang memanjakan mata, namun sayangnya sistem ATS hanya menyukai desain CV yang polos dan rapi. Semakin CV kamu terlihat membosankan dan kaku, mesin ATS akan semakin mudah membaca CV kamu.

Hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan.

Sistem ATS bertugas mencatat dan merangkum semua data yang kamu berikan. Meskipun CV kamu lolos standard ATS, petugas HRD pada akhirnya akan dapat melihat rangkuman yang diberikan sistem bahwa kamu mendaftar di berbagai posisi pekerjaan. Hal ini akan membuat rekruter merasa bahwa kamu kurang minat dan tidak fokus pada satu posisi pekerjaan.

Baca juga: Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik

Gunakan kata kunci pada CV ATS

Sistem ATS akan menyaring kumpulan pelamar dengan cara mencari kata kunci tertentu. Sehingga, menggunakan kata kunci yang relevan pada CV ATS kamu akan menarik perhatian sistem dan kamu akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

Contohnya, untuk posisi staff administrasi, mesin ATS akan mencari kata kunci seperti “pembukuan”, “teliti”, “microsoft word” pada CV kamu. Jadi, kalau kamu masukkan kata kunci berikut di CV kamu, mesin ATS akan memberi CV kamu skor yang lebih tinggi.

Sekian artikel tentang membuat cv ats yang friendly. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar