3 Tips Mengatasi Lelah Akibat Kecanduan Kerja
Siker.id | 07 Mar 2022 16:00


Bagikan ke
Atasi kelelahan akibat kecanduan kerja. (siker)

siker.id - Berada di akhir hari kerja sangat menyenangkan, bukan? Artinya, kamu akan memulai hari untuk istirahat dan menghabiskan berjam-jam untuk tidur. Namun, bila akhirnya kamu tidak melakukan hal itu, melainkan menambah proyek baru ke dalam daftar pekerjaanmu dan terus memikirkan pekerjaan, bahkan merasa bersalah karena tidak bekerja, maka itu artinya kamu benar-benar orang yang 'gila' kerja.

Kamu kecanduan kerja dan pada akhirnya tanpa kamu sadari, kamu akan merasa lelah fisik dan mental. Untuk mengatasi hal ini, cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengubahnya.

Baca juga: Berikut Perbedaan Mencari Kerja dan Dicarikan Kerja

Berbaring dengan selimut yang nyaman

Bagi banyak orang, tidur siang adalah penangkal yang ideal untuk memulihkan tubuh dan otak setelah berjam-jam bekerja. Namun, jika kamu kecanduan pekerjaan, kamu mungkin tidak dapat dengan mudah memutuskan hubungan dari proyek yang belum selesai dan membiarkan dirimu tertidur.

Berbaring dengan selimut mungkin bisa membantu. Jenis selimut yang digunakan haruslah lebih berat, nyaman dan terasa sejuk agar kamu merasa seperti dipeluk. Menggunakan selimut memberikan terapi ringan yang membantu menenangkan dirimu saat kamu sedang stres.

Tersenyumlah

Tersenyum itu mudah, cepat, dan sarat dengan manfaat relaksasi. Yang diperlukan hanyalah melewati kecanggungan duduk atau berjalan-jalan dengan seringai di wajahmu tanpa alasan selain untuk bersantai.

Tersenyum secara efektif dapat mengurangi intensitas respons stres tubuh dan menurunkan tingkat detak jantung setelah aktivitas yang membuat stres. Dan, semua ini bisa terjadi terlepas dari apakah kamu benar-benar merasa bahagia.

Ketika kamu tersenyum, otakmu melepaskan dopamin dan endorfin. Hal ini merupakan pembawa kebahagiaan. Selain itu, tersenyum juga dapat membantumu terlihat lebih segar.

Baca juga: Berikut Tips Menegur Rekan Kerja yang Tidak Berkontribusi

Berbaring di lantai

Jika kecanduan pekerjaan telah membuatmu dalam kondisi kelelahan yang parah sehingga satu-satunya hal yang dapat kamu pikirkan untuk dilakukan adalah berbaring di lantai, maka kamu lebih dekat ke relaksasi daripada yang mungkin kamu sadari. Berbaring di lantai dapar melepaskan ketegangan pada ototmu.

Selain membantumu rileks, posisi tertentu saat berbaring juga mendukung penyelarasan tulang belakang. Namun, pastikan untuk tidak terlalu nyaman. Berbaring di lantai untuk waktu yang lama dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku. Kamu hanya perlu melakukannya selama beberapa menit untuk merasakan rasa nyaman.

Sekian artikel tentang tips atasi kelelahan akibat kecanduan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar