icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Penyebab Adanya Mental Block
Siker.id | 07 Mar 2022 14:30


Bagikan ke
Penyebab adanya mental block. (siker)

siker.id - Mental Block dapat diartikan sebagai hambatan psikologis yang mencegah seseorang melakukan keterampilan tertentu. Seseorang yang mengalami mental block tidak bisa mengendalikan pikirannya dan sulit berkonsentrasi. Kondisi seperti ini bisa dialami oleh semua orang, baik pelajar, mahasiswa, maupun pekerja. Mental block dapat muncul saat seseorang mengalami neurosis, histeria, atau tanpa penyakit apa pun.

Seperti halnya mesin, otak juga bisa mengalami gangguan fungsi sementara sehingga membuatnya bekerja lebih lambat. Jika terus-menerus dibiarkan, keadaan mental block akan menjadi penghalang kamu produktif, merasa takut berlebihan, selalu menyalahkan diri sendiri, tidak bergairah, malas, dan suka menunda-nunda. Berikut hal-hal yang bisa menjadi kemungkinan penyebab kamu mengalami mental block.

Baca juga: 4 Tips Menjadi Pribadi yang Bertumbuh dalam Karir

Pesimisme

Memiliki pikiran negatif akan membuatmu merasa tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Prasangka ini akan menimbulkan rasa takut dan merasa bahwa dirinya tidak mampu.

Akibatnya, semangat kita akan menurun karena kita tidak lagi mempunyai pendirian yang kuat. Inilah yang akan mengantarkanmu pada kondisi mental block.

Lingkungan kerja yang kurang nyaman

Pada saat bekerja terkadang kita dihadapkan dengan situasi lingkungan yang kurang nyaman. Lingkungan kerja yang tidak kondusif akan berpengaruh pada produktivitasmu.

Dengan keadaan lingkungan kerja yang berantakan atau kacau akan membuat otakmu sulit berkonsentrasi dan sulit masuk ke dalam kerangka pikiran yang produktif. Akhirnya kamu akan masuk ke situasi mental block.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Karir sebagai Kasir Bank

Kelelahan mental

Kelelahan mental merupakan keadaan psikologis yang disebabkan oleh aktivitas kognitif yang berkepanjangan. Kelelahan mental dapat dialami oleh siapa saja. Tuntutan untuk terus menjalankan banyak pekerjaan dan keputusan dalam waktu singkat akan menyebabkan mental block.

Sekian artikel tentang penyebab adanya mental block. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Akibat Suka Menjegal Karir Teman


Editor: Theo Adi -

     

Komentar