icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menyiapkan Strategi Belajar yang Baik
Siker.id | 05 Mar 2022 16:30


Bagikan ke
Menyiapkan strategi belajar yang baik. (siker)

siker.id - Belajar yang efektif juga memerlukan persiapan yang baik. Salah satu bentuk persiapan yang perlu diingat adalah tentang strategi belajar. Proses belajar akan jauh lebih maksimal jika disertai dengan strategi yang tepat.

Ya, strategi belajar memang sebaiknya disiapkan sebaik mungkin agar dapat membantumu ketika belajar. Menyusun strategi belajar yang sesuai juga butuh ketelitian dan kesabaran. Daripada makin bingung, simak dulu tips penting berikut ini.

Baca juga: Kesulitan Mahasiswa dalam Menentukan Judul Skripsi

Pahami kelebihan dan kekurangan diri ketika belajar

Mengenal diri sendiri dengan baik akan sangat membantumu untuk lebih objektif tentang proses belajar. Kalau dipahami dengan teliti, kekurangan maupun kelebihan seseorang dapat membantu dirinya sendiri untuk menyiapkan rencana atau strategi yang lebih bijak.

Tak terkecuali dalam hal belajar, kamu dapat coba menilai diri sendiri secara jujur, apa sebenarnya kelebihan dan kekuranganmu ketika sedang belajar? Sebab dengan mengetahui kelebihan, kamu bisa mengoptimalkan lagi kemampuanmu. Sebaliknya juga dengan mengetahui kekurangan, dirimu dapat berusaha memperbaikinya agar menjadi lebih baik lagi.

Selalu catat ketika menemukan ide yang dirasa cocok

Strategi belajar tidak akan jauh-jauh dari yang namanya ide. Ide atau inspirasi yang sesuai akan sangat membantumu untuk membuat strategi belajar yang efektif. Tak hanya itu, ide yang ada juga akan memberikanmu gambaran yang lebih baik tentang kecocokan diri dengan strategi belajar yang akan dibuat.

Ini berarti kamu perlu lebih sering mencatat ide tersebut begitu muncul dalam benakmu. Jangan lewatkan begitu saja meski ide tersebut tampak sepele.

Baca juga: Tips Tidak Dikejar Deadline Bagi Mahasiswa

Sebaiknya susun strategi belajar saat fisik dan mental sudah siap

Menyusun strategi belajar juga perlu memperhatikan kondisi yang tepat. Salah satu hal penting tersebut adalah kesiapan fisik dan mental. Nah, walau mungkin kamu tidak langsung paham apa hubungan antara kesiapan diri dengan strategi belajar, setidaknya ingatlah dulu hal ini dengan baik.

Sebab bagaimana mungkin bisa menbuat strategi belajar yang efektif jika diri sendiri belum merasa siap? Apalagi tanpa persiapan sama sekali tentulah usaha yang dilakukan akan kurang hasilnya atau bahkan mungkin gagal. Hal ini juga menunjukkan bahwa menyusun strategi belajar hendaknya disertai dengan niat dan tekad yang kuat.

Sekian artikel tentang tips menyiapkan strategi belajar. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Pekerjaan Online ini Cocok Buat Mahasiswa


Editor: Theo Adi -

     

Komentar