Berikut Tips Menegur Rekan Kerja yang Tidak Berkontribusi
Siker.id | 05 Mar 2022 14:15


Bagikan ke
Menegur rekan kerja yang tidak berkontribusi. (siker)

siker.id - Melakukan pekerjaan di kantor menjadi suatu tantangan tersendiri, apalagi dengan karakter rekan kerja yang berbeda-beda. Secara umum, pekerjaan yang ada justru menuntut hampir semua pegawai agar dapat menyelesaikannya secara tim, sehingga kegagalan atau keberhasilan yang diperoleh tentu saja secara tim.

Meski dikerjakan secara bersama, tapi tak semua anggota dapat melakukannya dengan baik. Bahkan, ada pula beberapa rekan kerja yang gak berkontribusi dalam pekerjaan. Untuk menegur secara halus tanpa menyakiti perasaannya, maka kamu dapat mencoba beberapa tips penting berikut ini.

Baca juga: Tanda Anda Terlalu Baik Sebagai Rekan Kerja

Menegur saat sedang berdua saja

Hal utama yang harus kamu ingat adalah pemahaman bahwa menegur seseorang harus lah melalui cara yang bijak, yaitu dengan berdua saja atau secara empat mata. Jika kamu menegur seseorang di forum ramai, maka itu bukan menegur, tapi mempermalukannya.

Jangan sampai hal seperti ini terus terulang dan justru memberikan dampak serius terhadap hubunganmu dengannya. Bahkan, kerja tim juga akan terganggu jika kamu dan rekan kerjamu jadi tak memiliki hubungan yang baik.

Menjalin komunikasi yang baik

Komunikasi sejatinya merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan rekan kerja. Kadang kala, banyak rekan kerja yang memiliki permasalahan dalam hal komunikasi, sehingga terkesan gemar bertengkar saat berbicara.

Itulah pentingnya menjalin komunikasi sebelumnya untuk mencegah hal-hal seperti ini. Jika ada masalah, tentu proses menegurnya juga akan jauh lebih mudah jika kualitas komunikasinya baik.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja

Mengajak mengerjakan secara bersama-sama

Kamu mungkin akan cenderung lebih mudah menegur rekan kerjamu saat tak ikut berkontribusi dalam pekerjaan. Namun, jangan sampai lupa untuk mengajaknya dalam proses pengerjaan secara bersama-sama.

Cara ini akan jauh lebih bijak karena rekan kerja dapat langsung menyelesaikan tugasnya dengan baik. Selain itu, berikan instruksi dan pembagian deskripsi pekerjaan dengan jelas agar langsung dapat dikerjakan.

Sekian artikel tentang tips menegur rekan kerja yang tidak berkontribusi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Dihormati oleh Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar