Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional
Siker.id | 04 Mar 2022 18:00


Bagikan ke
Prospek kerja lulusan hubungan internasional. (siker)

siker.id - Sebagai salah satu jurusan favorit di Indonesia jurusan Hubungan Internasional (HI) memiliki segudang profesi keren yang menanti para lulusannya. Salah satunya ialah menjadi diplomat yang akan bertugas di luar negeri. Jurusan Hubungan Internasional akan mengasah mahasiswanya untuk memahami berbagai isu global, mengenali para tokoh dan organisasi internasional berpengaruh dan juga berbagai bentuk kerja sama internasional yang akan membuka wawasan penting sebagai bekal di dunia kerja.

Berikut ini beberapa prospek jurusan hubungan internasional :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Government relation officer

Government relation officer adalah profesi di mana Anda bekerja dengan perusahaan asing yang ada di negara sendiri. Anda juga memiliki tugas sebagai penanggung jawab antara hubungan perusahaan ke pemerintah dalam negeri. Di Indonesia, seorang government relation officer memperoleh gaji sekitar Rp96 juta per tahun. Jumlah tersebut bisa berubah sesuai kebijakan yang berlaku.

International officer

Bekerja sebagai international officer, berarti akan bertugas dalam menangani kasus-kasus internasional di kalangan Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Atase atau NGO. Selain itu, international officer juga berpeluang untuk bekerja di kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa. Besaran gajinya per bulan cukup bervariatif, terutama jika Anda bergabung di kedutaan luar negeri.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Olahraga

Diplomat

Masih tentang prospek kerja hubungan internasional dan gajinya, lulusan ini juga berpotensi menjadi diplomat atau duta besar. Tugas duta besar adalah menjadi perwakilan dari suatu negara dan negara lain yang berhubungan secara diplomatik. Nominal kasar gaji seorang duta besar bisa mencapai ratusan juta rupiah, termasuk tunjangan penghidupan luar negeri serta fasilitas lainnya yang didapat selama mengemban tugas.

Konsultan Internasional

Seorang Konsultan Internasional memiliki peran sebagai penasihat atau pendampang untuk mencegah dan menyelesaikan konflik antar negara. Pentingnya nasihat, pertimbangan, dan petunjukmu adalah karena kemampuanmu untuk memperhatikan isu-isu yang tengah berkembang hingga melihat perbedaan nilai-nilai yang dianut antar negara. Dengan tambahan pengetahuan tentang bisnis dan perdagangan, kamu juga bisa bekerja pada perusahaan swasta berskala internasional, khususnya pada bidang market research, manajemen, IT, teknik, corporate strategy, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan hubungan internasional. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar