Kesulitan Mahasiswa dalam Menentukan Judul Skripsi
Siker.id | 04 Mar 2022 14:15


Bagikan ke
Kesulitan dalam penentuan judul skripsi. (siker)

siker.id - Siapa nih yang lagi pusing mikirin skripsi? Nggak apa-apa, wajar kok. Apalagi bila kamu tergolong mahasiswa semester akhir. Memang sudah waktunya untuk memikirkan dan mengerjakan skripsi. Tergolong karya tulis ilmiah, skripsi adalah jenis tulisan yang dijadikan sebagai tugas akhir dan syarat kelulusan mahasiswa.

Jadi kalau belum mengerjakan skripsi, maka kamu nggak akan bisa wisuda dan lulus. Tapi nggak jarang, proses pengerjaan skripsi itu susah. Bahkan beberapa mahasiswa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Lantaran skripsi emang memerlukan tenaga, pikiran, finansial, dan kesiapan mental.

Salah satu proses yang cukup sulit adalah awal pengerjaan skripsi nih. Saking bingung dan pusingnya cari topik skripsi, terkadang mahasiswa terjebak pikiran sendiri. Akhirnya skripsinya nggak jalan dan makin lama selesai.

Berikut ini beberapa kesulitan menentukan judul skripsi :

Baca juga: Tips Tidak Dikejar Deadline Bagi Mahasiswa

Bingung dalam menentukan topik skripsi

Kendala ini sangat wajar terjadi. Soalnya mencari judul skripsi memang tidak mudah. Memilih satu topik dari sekian banyaknya topik itu cukup membingungkan. Mungkin ada beberapa mahasiswa yang mengangkat topik serupa dengan laporan magang atau PKL. Namun tidak semua mahasiswa dapat menggunakan cara itu. Sebab dalam proses pengerjaan skripsi juga melibatkan dosen pembimbing. Ada kemungkinan usulan topik yang diajukan tidak sesuai dengan disepakati saat kamu diskusi dengan dosen.

Kesulitan menghadapi sikap dosen pembimbing

Mengikuti alur bimbingan dosen terkadang juga melelahkan. Apalagi setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda. Belum lagi dosen memiliki jadwal yang tidak menentu. Sehingga mahasiswa harus menunggu waktu bimbingan yang lama. Karena semua itu, nggak sedikit mahasiswa yang kewalahan. Alhasil proses pengerjaan skripsi pun berhenti.

Baca juga: 3 Pekerjaan Online ini Cocok Buat Mahasiswa

Kesulitan membagi waktu

Kendala lain yang kerap ditemui mahasiswa saat mengerjakan skripsi adalah manajemen waktu. Mengatur waktu untuk menggarap skripsi itu juga terkadang nggak mudah. Tidak semua mahasiswa terbiasa dengan manajemen waktu yang baik sebab manajemen waktu itu dibentuk dengan sengaja dan rutin. Dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan manajemen diri yang bagus agar manajemen waktu yang dibuat dapat dijalankan. Makanya itu, beberapa mahasiswa cukup lama menyelesaikan skripsi gara-gara kesulitan mengatur waktu.

Sekian artikel tentang kesulitan dalam penentuan judul skripsi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Jitu Menulis Resume untuk Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar