Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro
Siker.id | 02 Mar 2022 19:00


Bagikan ke
Prospek kerja lulusan teknik elektro. (siker)

siker.id - Kenal Thomas Alfa Edison? Nikola Tesla? Atau Philo T. Farnsworth? Yup, mereka adalah para inovator yang berhasil mengubah ide dan konsep listrik menjadi sebuah perangkat dan sistem yang dipakai di era modern. Contohnya, seperti lampu, TV tabung, radio, dan sebagainya. Nah, konsep kelistrikan dsan penerapannya ini bisa kamu pelajari dalam jurusan Teknik Elektro.

Jadi nih, teman-teman, di jurusan Teknik Elektro, kamu akan mempelajari sifat-sifat elektron (listrik) beserta aplikasi dan teknologi terkait dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini juga berkaitan erat dengan konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik, loh. So, kamu nggak cuma akan berurusan dengan kabel-kabel nantinya, tapi juga belajar tentang desain, pengembangan, serta pengawasan produksi peralatan elektronik, loh!

Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan teknik elektro :

Baca juga: Jurusan Teknik yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan sarjana teknik elektro juga bisa berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bagian yang dapat diambil biasanya pada bidang energi dan sumber daya mineral. Kamu juga bisa saja bekerja pada Dirjen Ketenagalistrikan kementerian energi dan sumber daya mineral. Tentunya gaji yang ditawarkan cukup tinggi apabila menjadi seorang PNS.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kamu juga bisa bekerja di BUMN setelah lulus kuliah. Perusahaan-perusahaan milik negra membutuhkan kemampuanmu. Bidang kerja yang akan digeluti ialah pekerjaan yang berhubungan dengan telekomunikasi dan energi. Gaji yang ditawarkan cukup lah menggiurkan yakni kisran 7 sampai 12 juta.

Baca juga: Berikut Prospek Karir Jurusan Hotel Management

Bekerja Di Sektor Swasta

Sektor swasta sangat lah berprospek untuk lulusan jurusan tenik elektro. Seperti halnya pengembangan software dan hardware, kominfo, telkom, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gaji yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Akan tetapi ada sektor swasta yang menawarkan gaji cukup tinggi yakni perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, pembangkit listrik, dan juga perminyakan.

Bekerja di Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Bidang yang satu ini sangat diminati banyak orang. Teknik elektro adalah jurusan yang sangat dibutuhkan pada bidang ini. Utamanya pada bidang control dan juga instrumen engineer. Seperti yang telah diketahui bahwasanya listrik sangat dibutuhkan oleh semua orang di dunia ini. Sehingga sumber listrik juga dibutuhkan sekali. Inilah yang menjadikan peluang besar pada pekerjaan jenis ini.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Teknik elektro. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Aktuaria


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar