Tips Tidak Dikejar Deadline Bagi Mahasiswa
Siker.id | 02 Mar 2022 17:30


Bagikan ke
Tidak dikejar deadline bagi mahasiswa. (siker)

siker.id - Salah satu hal tersulit dalam kehidupan kerja profesional seseorang adalah mengatur waktu dengan baik. Untuk Anda yang berprofesi sebagai konsultan atau terpilih sebagai kepala untuk menangani sebuah proyek ataupun dalam menyelesaikan pekerjaan sehari- hari, pasti sering menghadapi tuntutan untuk menyelesaikan proyek sesuai tenggang waktu/deadline yang telah diberikan sebelumnya. Tugas yang kelihatannya mudah ini dapat menjadi sulit bila Anda tidak berhati-hati, yang sering kali membuat waktu yang tersedia tidak cukup karena kita meremehkan hal-hal yang terdengar sepele.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini,sebagai berikut :

Baca juga: Tips Jitu Menulis Resume untuk Mahasiswa

Pertama, hal yang paling penting adalah memahami proyek yang akan Anda tangani. Hal tersebut mungkin terdengar sangat simpel, namun masih banyak orang yang tidak menyadarinya. Tapi ada perbedaan yang dalam cara pandang antara klien atau manajer yang memberi tugas dengan Anda sebagai pelaksana tugas mengenai bagaimana cara menyelesaikan sebuah proyek atau bagaimana tampilan yang diharapkan. Ada baiknya jika Anda bertanya mengenai hal- hal detil seperti, "Apa yang Anda harapkan setelah proyek ini selesai?" "Bagaimana bentuknya setelah

selesai?" dan sebagainya. Semakin banyak pertanyaan yang Anda ajakan, semakin besar kemungkinan Anda dan dia (klien/manajer) mampu menyamakan persepsi sehingga bentrokan yang mungkin terjadi mengenai proyek tersebut dapat dihindarkan.

Kedua, bagi proyek tersebut menjadi sub-sub bagian kecil. Dengan membagikan tugas tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang bisa dikerjakan terpisah, dan selesaikan berdasarkan urutan tugas. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam penyelesaian tugas, sebab sering kali bila tidak dibagi-bagi akan sebuah tugas akan terlihat sangat banyak dan terlalu rumit untuk diselesaikan.

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan yang Dicari Mahasiswa

Langkah terakhir adalah mengerjakan tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Beri tanda check untuk setiap tugas yang telah diselesaikan. Kemudian simak kembali daftar tersebut dengan seksama dan tuliskan berapa banyak waktu yang dibutuhkan sebelumnya untuk menyelesaikan tugas yang sama. Dengan melakukan perbandingan, dengan ini dapat diketahui sejauh mana Anda telah berhasil memperbaiki diri.

Sekian artikel tips tidak dikejar deadline bagi mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Poin Utama dalam Pembuatan CV Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar