icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Hal yang Perlu Dihindari saat Menerima Gaji Pertama
Siker.id | 02 Mar 2022 14:35


Bagikan ke
Hal yang perlu dihindari saat menerima gaji pertama. (siker)

siker.id - Memperoleh gaji untuk pertama kalinya merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi para first jobber. Setelah sebulan bekerja tanpa henti, gaji pertama menjadi imbalan yang bakalan kamu terima.

Akan tetapi, gaji pertama biasanya berpotensi untuk lebih cepat terkuras habis. Hal Ini wajar terjadi, karena kamu masih dalam tahapan euphoria dalam mendapatkan gaji awal. Namun, agar uangmu nantinya tidak cepat habis setelah menerima gaji pertama, berikut ini beberapa hal yang harus dan sebaiknya dihindari.

Baca juga: Tips Menghitung Gaji secara Proporsional

Tidak mempunyai rencana keuangan yang jelas

Kesalahan selanjutnya yang perlu kamu hindari saat mendapatkan gaji pertama yaitu tidak adanya rencana keuangan yang jelas untuk mengalokasikan hasil pendapatanmu itu. Rencana keuangan menjadi faktor penting agar uang kamu tidak habis sebelum masa gajian bulan berikutnya.

Sangat penting, lho, untuk membuat rencana keuangan secara jelas mulai dari pemasukan hingga pengeluarannya. Dengan adanya rencana keuangan yang jelas, pengeluaran yang kamu lakukan juga akan semakin terkontrol.

Menghabiskan keseluruhan gaji

Hal yang perlu dihindari selanjutnyanya yaitu menghabiskan keseluruhan jumlah pendapatan gaji pertamamu. Mendapatkan penghasilan untuk pertama kalinya biasanya membuat kamu khilaf dan berfoya-foya di awal bulan.

Dengan bersenang-senang setelah mendapatkan gaji, kecenderungan kehabisan uang sebelum menerima gaji berikutnya akan lebih tinggi. Memangnya kamu mau kehabisan uang di pertengahan bulan? Yuk, tahan keinginan menghabiskan uang!

Baca juga: Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir

Tidak menabung

Berhubungan dengan kesalahan yang lain, hal terakhir yang perlu dihindari setelah memperoleh gaji pertama yaitu tidak menabung. Biasanya, orang yang baru mendapatkan gaji cenderung menggunakan keseluruhan uang mereka tanpa pikir panjang sehingga gak ada simpanan apabila ada keadaan darurat atau tak terduga.

Oleh karena itu, menabung menjadi salah satu langkah awal yang perlu kamu lakukan setelah mendapatkan gaji pertama. Meski baru awal, setidaknya kamu memiliki simpanan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Sekian artikel tentang hal yang harus dihindari saat menerima gaji pertama. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanda Anda akan Naik Gaji


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar