4 Tips Penerapan Manajemen Waktu yang Efektif
Siker.id | 02 Mar 2022 14:15


Bagikan ke
Penerapan manajemen waktu yang efektif. (siker)

siker.id - Kemampuan manajemen waktu menjadi salah satu hal yang sangat penting dan wajib untuk dimiliki oleh setiap orang. Proses pengaturan waktu ini mampu memberikan efek positif yang besar untuk peningkatan produktivitasmu sehari-hari. Segala pekerjaan akan mampu berjalan lebih efektif dan efisien lagi.

Sudahkah kalian menerapkan manajemen waktu yang efektif dan efisien ini? Jika belum, ikuti langkah sederhana berikut. Gunakan waktumu secara maksimal!

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan Waktu Mencari Tambahan Uang

Buatlah skala prioritas

Waktu merupakan sumber daya yang terbatas, untuk itu mengelola waktu sesuai skala prioritas penting untuk dilakukan. Membuat prioritas kerja akan membantumu mengelola beban kerja. Urutkan berdasarkan urgensinya misalkan tenggat waktu, volume pekerjaan, dan sebagainya.

Lakukan tugas penting di awal saat pikiran masih fresh. Seringkali kita terjebak pada tugas kecil pada waktu yang lama hingga menyebabkan tugas penting keteteran. Perencanaan melalui skala prioritas yang pasti akan meningkatkan profesionalisme kerjamu.

Hindari distraksi

Jangan biarkan berbagai distraksi menghambat penyelesaian tugasmu. Misalkan, hindari percakapan yang tidak perlu sampai tugasmu benar-benar terselesaikan. Atau hindari terjebak pada media sosial sampai pekerjaanmu telah berakhir.

Fokus adalah kunci yang harus kamu tekankan. Pasalnya, tanpa sadar gangguan kecil ini malah menghabiskan waktu terbatas kita secara percuma.

Baca juga: Berikut 5 Tips Memaksimalkan Waktu Bekerja

Beristirahat secara teratur

Beristirahatlah secara teratur di sela-sela pekerjaan yang kamu lakukan sesuai daftar tugas serta prioritas yang kamu buat. Lelah secara mental dan fisik malah membuatmu membuang-buang waktu.

Pastikan kondisi tubuh dan pikiranmu dalam kondisi fit. Melelahkan diri sendiri bukanlah ide yang baik. Hal ini hanya membuat produktivitasmu menurun.

Pahami waktu yang kamu miliki

Coba ingat-ingat lagi, berapa lama waktu yang kamu gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan selama sehari? Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk membalas pesan atau e-mail? Berapa lama waktu istirahat yang kamu lakukan?

Nah, beberapa contoh pertanyaan ini akan membantumu memahami waktu yang sebenarnya kamu miliki. Apakah selama ini pengalokasiannya sudah efektif atau belum. Sebaiknya, jangan terlalu lama berkutat pada pekerjaan yang bernilai rendah.

Sekian artikel tentang penerapan manajemen waktu yang efektif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar