4 Tips Menghindari Konflik dengan Atasan
Siker.id | 01 Mar 2022 13:00


Bagikan ke
Tips hindari konflik dengan atasan. (siker)

siker.id - Memiliki konflik selama bekerja memang merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. Kadang kala, konflik bisa dimulai tidak hanya dari persoalan serius, tapi juga persoalan yang sepele sekalipun.

Bahkan, ada saja pegawai yang dapat terlibat konflik dengan atasan karena beragam alasan. Bila sedang berada pada situasi seperti ini, tentunya kamu membutuhkan cara yang tepat untuk segera menyelesaikan konflik tersebut.

Berikut ini beberapa tips buat menghindari konflik dengan atasan.

Baca juga: Berikut Tips Agar Tetap Dipercaya Atasan

Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Jadi pegawai sebaiknya memiliki pola bekerja yang positif. Sisi positif ini tidak hanya ditujukan untuk dirimu sendiri, melainkan juga untuk orang-orang yang berada di sekitarmu.

Untuk dapat mewujudkannya, berusahalah menciptakan suasana bekerja yang nyaman bagi semua orang. Hal ini akan senantiasa menjauhkanmu dari kemungkinan konflik dan membantumu untuk mencari solusi atas konflik yang terjadi.

Jangan gengsi memberikan dukungan dan pujian

Hubungan yang baik juga harus diawali dan dijalani dengan baik. Salah satunya melalui sikap yang ditunjukkan. Kamu jangan sampai bersikap terlalu individual pada siapa pun di kantor, entah rekan kerja atau pun atasan sendiri.

Jangan gengsi untuk memberikan dukungan atau pujian terhadap kinerja satu sama lain. Penyampaian kritik tentu diperbolehkan selama kamu menyampaikannya dengan baik dan tidak kasar atau menyinggung.

Baca juga: Tips Merespon Jika Ditegur Atasan

Tidak menyepelekan masalah kecil

Banyak konflik yang sering dimulai melalui masalah kecil. Hal ini sering kali disepelekan oleh banyak pegawai yang bekerja.

Padahal, masalah kecil tersebut dapat terus berkembang hingga menjadi urusan yang rumit dan serius. Oleh sebab itu, jangan sampai menyepelekan masalah kecil dan menunggu hingga rumit terlebih dahulu.

Saling menghargai perbedaan di kantor

Ada beragam orang yang terlibat dalam urusan kantor dan jumlahnya tidak hanya satu atau dua orang saja. Perbedaan tentu menjadi hal lumrah yang banyak terjadi antar pegawai dan atasan yang ada di sana.

Hal terpenting yang harus tetap dilakukan adalah dengan saling menghargai setiap perbedaan yang ada di kantor. Bahkan ketika menghadapi perselisihan pendapat dengan atasan, maka hargai lah hal tersebut agar persoalan tak semakin berlarut.

Sekian artikel tentang tips mengatasi konflik dengan atasan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Mendapatkan Apreasiasi dari Atasan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar