Berikut Hal yang Sebenarnya Membuat Hidup Lebih Rumit
Siker.id | 01 Mar 2022 11:45


Bagikan ke
Beberapa hal yang sebenarnya membuat hidup lebih rumit. (siker)

siker.id - Kita hidup di dunia yang banyak perubahan-perubahan terus terjadi. Misal, ketika dewasa kita dihadapkan pada masalah-masalah yang jauh lebih kompleks. Hal itu mengharuskan kita menghadapi dan mencari solusi akan masalah tersebut.

Tanpa sadar, perubahan ini membuat hidup kita menjadi terasa rumit. Padahal, semakin kita membuat hidup semakin rumit, akan lebih rentan dengan kecemasan, ketakutan, atau bahkan stres. Maka dari itu, menjadikan hidup lebih sederhana, tanpa terlalu fokus pada rumitnya hidup penting dilakukan.

Berikut ini beberapa hal yang sebenarnya bikin hidup lebih rumit.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Karir sebagai Kasir Bank

Terus-menerus berkutat dengan pikiran negatif

Pikiran negatif sebenarnya hal yang wajar dialami oleh kebanyakan orang. Bahkan kalau kita melihat dari sudut pandang baru dari pikiran negatif ini, akan ada manfaatnya. Misalnya, dengan membayangkan hal buruk yang terjadi, kita akan lebih waspada atau hati-hati.

Meskipun begitu, membiarkan pikiran negatif terus berlarut, ini malah membuat hidup ribet. Sebab, Kita akan lebih rentan merasakan stres. Bukan hanya itu, pada akhirnya pikiran negatif akan mengurangi motivasi kita melakukan perubahan positif dalam hidup.

Gak peduli dengan kritikan orang lain

Dalam hidup, kita memang perlu memfilter komentar baik atau buruk yang disampaikan oleh orang lain. Misalnya, kalau kritik itu bersifat menjatuhkan, kita boleh mengabaikan. Namun, kalau kita terlalu mengabaikan kritikan orang lain, ini yang justru bikin hidup rumit.

Sebab, gak peduli kritik akan menjadikan kita pribadi yang gampang tersinggung. Kita akan cenderung cepat marah dan menganggap orang lain sebagai gangguan. Kalau sudah begitu, kita malah akan kehilangan kesempatan untuk belajar.

Baca juga: Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik

Mengukur semua hal dengan uang

Gak bisa dipungkiri, uang adalah kebutuhan mendasar dalam hidup manusia. Tanpa adanya uang, kita akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Meskipun begitu, kalau kita mengukur semua hal dengan uang, malah akan membuat hidup rumit.

Pasalnya, kita cenderung menganggap bahwa bahagia itu ketika memiliki banyak uang. Atau pekerjaan yang sukses adalah yang menghasilkan banyak uang. Kalau gak mendapatkan itu, kita akan cepat kehilangan motivasi dan menyerah. Padahal, gak semua kebahagiaan dapat diukur dengan uang.

Sekian artikel tentang hal yang membuat hidup lebih rumit. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Karir untuk Kepala Redaksi


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar