Berikut Tips Mengadapi Ajakan Korupsi di Kantor
Siker.id | 01 Mar 2022 10:30


Bagikan ke
cara menghadapi ajakan korupsi di kantor. (siker)

siker.id - Korupsi dan suap merupakan dua hal terlarang yang termasuk dalam tindakan kriminalitas dan memiliki konsekuensi berat. Banyak orang yang terjerat dengan kasus ini karena tak mampu menahan godaan untuk memperkaya dirinya sendiri dan keluarga atau kelompoknya.

Hal seperti ini kerap terjadi di banyak instansi perusahaan dengan cara dan tujuannya yang berbeda-beda. Jelas saja tindakan kriminal ini hanya akan memberikan kerugian dan dampak negatif ke depannya. Untuk mencegah hal tersebut agar tak sampai terjadi padamu, maka beberapa tips yang berikut ini dapat kamu lakukan di tempat kerja.

Baca juga: 4 Jenis Korupsi yang Ada di Tempat Kerja

Risiko dosa dari korupsi dan suap

Bila kamu merupakan orang yang beragama, tentu pasti memahami bahwa tindakan suap dan korupsi adalah bagian dari dosa. Dosa dan risiko serius yang diperoleh dari tindakan kriminal ini tak akan membuatmu menjadi orang yang baik.

Jika memang masih tersimpan iman dan rasa takut akan Tuhan, maka semestinya kamu tak akan berani dalam melakukan hal-hal tersebut yang tentu melebihi batas. Dengan demikian, maka gunakan lah prinsip tersebut sebagai caramu dalam menahan diri.

Profesionalitas yang dipertanyakan

Dalam dunia pekerjaan tentunya profesionalitas menjadi hal paling dasar yang harus senantiasa dihormati keberadaannya. Kehilangan profesionalitas akan membuat pola bekerjamu terlihat buruk.

Itu lah mengapa kamu sebaiknya dapat menjaga sikap dengan sebaik mungkin sebagai perwujudan dari profesionalitasmu. Dengan demikian, maka kamu dapat mencegah diri dari segala hal negatif dari tindakan suap dan korupsi.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja

Menjaga jarak dari circle yang berisiko

Awalnya mungkin seseorang tak ingin terlibat terlalu jauh dalam urusan suap dan korupsi, namun hal ini bisa berubah sebab orang-orang di sekitarnya. Itu lah mengapa pergaulan di kantor juga bisa terkesan berbahaya untukmu yang terlalu idealis dalam bekerja.

Tak heran bila kamu perlu ekstra selektif dalam menentukan circle yang tepat. Tujuannya tentu untuk melindungi diri dari segala tindakan kriminal.

Sekian artikel tentang tips mencegah ajakan korupsi di kantor. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Jenis Ice Breaking yang Bisa Dicoba di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar