icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Kiat Memulai Bisnis dari 0 Buat Pemula
Siker.id | 27 Feb 2022 18:00


Bagikan ke
Memulai bisnis dari 0 buat pemula. (siker)

siker.id - Untuk memulai bisnis dari nol pastinya memerlukan proses yang akan dilalui tidak selalu berjalan dengan sangat mudah. Dalam hal ini, Anda harus memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk mau membangun sebuah bisnis menjadi lebih besar. Sebagai seorang pemula, pastinya terdapat banyak keraguan untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya dilakukan dalam memulai bisnis.

Tetapi jangan khawatir! Berikut ini kiat khusus cara memulai bisnis dari nol bagi seorang pemula. Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi

Matangkan perencanaan bisnis

Beberapa pemula mungkin masih mengabaikan perencanaan bisnis yang baik. Padahal perencanaan bisnis merupakan fondasi jalannya kegiatan suatu bisnis agar lebih terarah.

Perencanaan mencakup seperti business plan, marketing plan, riset pasar dan masih banyak lagi. Dengan mempersiapkan berbagai perencanaan di atas, pebisnis akan memiliki dasar dalam pengambilan keputusan terkait pengembangan bisnisnya.

Buatlah Rencana dan misi misi

Jika Anda sudah yakin dalam menentukan produk yang akan dijual, saatnya untuk membuat rencana beserta visi dan misi. Perlu diketahui bahwa rencana, dan juga visi misi merupakan 3 komponen penting saat memulai bisnis dari nol.

Komponen tersebut akan membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis di waktu yang akan datang serta mengembang bisnis ke sektor yang lebih besar.

Baca juga: Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis

Siapkan Modal Awal

Tidak dapat dipungkiri dalam memulai bisnis dari nol pastinya Anda harus menyiapkan dana sebagai modal awal. Tetapi tenang saja, Anda tidak perlu harus mengeluarkan modal yang cukup besar saat membangun sebuah bisnis baru. Banyak dari para pengusaha yang memulai bisnis dari usaha kecil-kecilan yang mengeluarkan sedikit modal.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memulainya. Cobalah untuk memulai bisnis online dengan berjualan melalui media sosial atau menawarkan produk kepada teman/saudara Anda. Dari sini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang bisa menambah modal untuk bisnis Anda.

Fokus pada Satu Bisnis

Memiliki banyak usaha di beberapa bidang pastinya akan cepat dalam mendatangkan keuntungan. Namun sebagai orang yang baru menekuni dunia bisnis, jangan terburu-buru untuk membuka banyak usaha.

Lebih baik, fokuslah terhadap 1 bisnis yang akan dijalani. Karena jika Anda tidak bisa berfokus pada semua bisnis yang sedang dijalani, Anda sendiri yang akan mengalami kerugian besar.

Sekian artikel tentang tips memulai bisnis dari 0 buat pemula. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula


Editor: Theo Adi -

     

Komentar