- Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
- Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
- Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
- Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
- Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?
- Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi
- Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis
- Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula
- Berikut Bisnis Modal Kecil Buat Pemula
- 5 Peluang Usaha yang Muncul di Tengah Pandemi
siker.id - Hampir semua bisnis masa kini melakukan kegiatan marketing online. Dalam pemasaran modern seperti ini tidak asing lagi dengan istilah testimoni pelanggan. Pada dasarnya, istilah ini merupakan bentuk pernyataan konsumen saat merasa puas maupun kecewa atas produk yang dibeli.
Dalam sebuah penjualan barang atau jasa, seringkali pelanggan memberikan kesaksian terhadap kekecewaan atau kepuasan dari penggunaan barang atau jasa yang telah dibeli. Secara ringkas, testimoni diartikan sebagai bentuk pernyataan yang diberikan pelanggan berdasarkan pengalaman bertransaksi dan menggunakan produk.
Lalu apa saja manfaat dari adanya testimonial pelanggan bagi keberlangsungan suatu bisnis? Berikut ulasannya!
Baca juga: Berikut ini Tips Memulai Bisnis Salon
Media Pemasaran Gratis
Testimoni termasuk strategi pemasaran alami dan sangat efektif bagi semua bisnis. Secara langsung tanggapan yang baik dapat menjadi alat pemasaran gratis yang langsung dikemukakan pelanggan. Dulunya testimoni adalah pendapat pelanggan yang tersebar ke masyarakat dari mulut ke mulut atau word of mouth. Biasanya diutarakan kepada orang terdekat pelanggan, misalnya keluarga, teman, rekan kerja. Dari sinilah kualitas dan presentasi produk menyebar lebih cepat dan luas.
Bahan Evaluasi
Tidak semua pelanggan memberikan tanggapan dari pelanggan bersifat positif. Ada juga pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan dan kualitas produk lalu memberikan tanggapan negatif berupa kritikan. Jika melihat tanggapan negatif tersebut juga patut disyukuri karena menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki bisnis dan meningkatkan kualitas produk.
Baca juga: Tips Memulai Bisnis Peternakan Ayam
Bentuk Apresiasi
Testimoni juga dapat dikatakan sebagai bentuk perhatian yang diberikan oleh pelanggan kepada penjual. Anda sebagai penjual tidak ada salahnya membaca dan membalas tanggapan yang diberikan pelanggan. Mereka pun akan merasa dihargai dan mendapat apresiasi yang baik. Sehingga pelanggan merasa cocok berbelanja di toko online Anda dan menjadi lebih royal.
Bahan Materi Iklan
Kehadiran tanggapan positif juga menjadi bagian strategi pemasaran. Salah satu yang terpenting sebagai materi iklan. Biasanya pelanggan lama memberikan testimoni berupa teks yang dikirim melalui whatsapp, komentar, pesan teks, dan update story. Semua tanggapan inilah menjadi bahan pemasaran yang memberi efek positif bagi calon pelanggan.
Sekian artikel tentang manfaat testimoni pelanggan bagi keberlangsungan bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih8
Baca juga: Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik
Komentar
- Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
- Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
- Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
- Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
- Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?
- Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi
- Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis
- Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula
- Berikut Bisnis Modal Kecil Buat Pemula
- 5 Peluang Usaha yang Muncul di Tengah Pandemi