icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Manfaat Testimoni Pelanggan untuk Bisnis
Siker.id | 26 Feb 2022 09:00


Bagikan ke
Manfaat testimoni pelanggan untuk bisnis. (siker)

siker.id - Hampir semua bisnis masa kini melakukan kegiatan marketing online. Dalam pemasaran modern seperti ini tidak asing lagi dengan istilah testimoni pelanggan. Pada dasarnya, istilah ini merupakan bentuk pernyataan konsumen saat merasa puas maupun kecewa atas produk yang dibeli.

Dalam sebuah penjualan barang atau jasa, seringkali pelanggan memberikan kesaksian terhadap kekecewaan atau kepuasan dari penggunaan barang atau jasa yang telah dibeli. Secara ringkas, testimoni diartikan sebagai bentuk pernyataan yang diberikan pelanggan berdasarkan pengalaman bertransaksi dan menggunakan produk.

Lalu apa saja manfaat dari adanya testimonial pelanggan bagi keberlangsungan suatu bisnis? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut ini Tips Memulai Bisnis Salon

Media Pemasaran Gratis

Testimoni termasuk strategi pemasaran alami dan sangat efektif bagi semua bisnis. Secara langsung tanggapan yang baik dapat menjadi alat pemasaran gratis yang langsung dikemukakan pelanggan. Dulunya testimoni adalah pendapat pelanggan yang tersebar ke masyarakat dari mulut ke mulut atau word of mouth. Biasanya diutarakan kepada orang terdekat pelanggan, misalnya keluarga, teman, rekan kerja. Dari sinilah kualitas dan presentasi produk menyebar lebih cepat dan luas.

Bahan Evaluasi

Tidak semua pelanggan memberikan tanggapan dari pelanggan bersifat positif. Ada juga pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan dan kualitas produk lalu memberikan tanggapan negatif berupa kritikan. Jika melihat tanggapan negatif tersebut juga patut disyukuri karena menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki bisnis dan meningkatkan kualitas produk.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Peternakan Ayam

Bentuk Apresiasi

Testimoni juga dapat dikatakan sebagai bentuk perhatian yang diberikan oleh pelanggan kepada penjual. Anda sebagai penjual tidak ada salahnya membaca dan membalas tanggapan yang diberikan pelanggan. Mereka pun akan merasa dihargai dan mendapat apresiasi yang baik. Sehingga pelanggan merasa cocok berbelanja di toko online Anda dan menjadi lebih royal.

Bahan Materi Iklan

Kehadiran tanggapan positif juga menjadi bagian strategi pemasaran. Salah satu yang terpenting sebagai materi iklan. Biasanya pelanggan lama memberikan testimoni berupa teks yang dikirim melalui whatsapp, komentar, pesan teks, dan update story. Semua tanggapan inilah menjadi bahan pemasaran yang memberi efek positif bagi calon pelanggan.

Sekian artikel tentang manfaat testimoni pelanggan bagi keberlangsungan bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih8

Baca juga: Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik


Editor: Theo Adi -

     

Komentar