Tips Menjalin Relasi Kerja yang Positif
Siker.id | 25 Feb 2022 20:00


Bagikan ke
Menjalin relasi kerja yang positif. (siker)

siker.id - Hubungan kerja berperan penting dalam membina karier dan meraih kepuasan kerja. Untuk menjalin hubungan kerja yang positif, belajarlah mendengarkan rekan kerja secara aktif, berkomunikasi dengan baik, menghargai diri sendiri dan orang lain di tempat kerja. Selain itu, Anda harus berkompromi dan mengenal rekan kerja secara personal. Selain menciptakan lingkungan kerja yang positif, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang lain dengan menjalin hubungan kerja yang positif.

Berikut ini beberapa tips menjalin relasi kerja yang positif:

Baca juga: 4 Tips Tidak Mudah Diadu Domba Rekan Kerja

Sediakan waktu untuk saling bertemu

Langkah-langkah berikut akan bermanfaat jika Anda ingin membina relasi dengan seseorang yang sudah dekat dengan Anda, namun Anda merasa sulit untuk memahami mereka. Apalagi jika teman Anda adalah seorang yang introvert atau pemalu, dan mereka merasa tidak nyaman untuk membicarakan hal-hal yang serius atau pribadi di depan orang banyak.

Dengarkan secara aktif

Biarkan mereka menceritakan masalah mereka, apa yang mereka rasakan, atau apa saja yang sedang membebani mereka. Berusahalah agar percakapan Anda tidak teralihkan dan perhatikan mereka baik-baik. Inilah yang disebut mendengarkan secara aktif, dan kembangkan terus kemampuan ini dengan berlatih. Matikan dulu ponsel Anda, menghadaplah ke arah orang yang sedang berbicara sambil sekali-sekali mengangguk atau mengatakan ya untuk menunjukkan bahwa Anda mendengar apa yang mereka katakan. Teruslah berlatih agar Anda bisa fokus pada apa yang sedang mereka katakan, bukan pada cara Anda menanggapi ucapan mereka atau merencanakan tanggapan Anda.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Miskomunikasi Antar Rekan Kerja

Perhatikan bahasa tubuh Anda

Sambil mendengarkan, perhatikan ekspresi wajah dan isyarat tubuh mereka, atau gerakan-gerakan yang lainnya. Jika mereka menyilangkan lengan, bergerak menjauh, atau melakukan gerakan berulang yang terkesan gugup seperti merapikan rambut, mungkin mereka merasa tidak nyaman. Ajaklah mereka membicarakan topik yang lebih sederhana.

Berhentilah sejenak untuk memahami sudut pandang orang lain

Tundalah keinginan Anda untuk langsung menanggapi dengan jawaban yang pertama kali terpikirkan oleh Anda, dan cobalah membayangkan dulu bagaimana perasaan mereka. Bahkan jika Anda menganggap bahwa mereka menginterpretasikan situasi dengan cara yang salah, cobalah menempatkan diri seolah-olah Anda sedang berada di posisi mereka dan mempunyai pandangan yang sama tentang apa yang sedang terjadi.

Sekian artikel tentang tips menjalin relasi kerja yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Jaga Jarak dengan Rekan Kerja yang Manipulatif


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar