Tips Menjadi Seorang Desainer yang Handal
Siker.id | 25 Feb 2022 16:00


Bagikan ke
Menjadi seorang desainer handal. (siker)

siker.id - Sebuah desain (rancangan atau pola) merupakan salah satu bagian terpenting dalam setiap aspek kehidupan manusia. Jika Anda senang melihat sebuah desain dan berpikir mengenai bagaimana barang-barang tersebut dibuat dan digunakan, Anda mungkin memiliki ketertarikan untuk bekerja dalam dunia desain. Berikut ini adalah panduan untuk menjadi seorang desainer (perancang) yang sukses.

Berikut ini beberapa tips menjadi desainer yang handal:

Baca juga: Berikut Tips Memulai Karir sebagai Kasir Bank

Pikirkanlah objek-objek yang sudah di desain di sekitar Anda secara kritis

Coba perhatikan apa yang Anda suka dan tidak suka dari desain tersebut, lalu mulailah berpikir apa yang membuat desain tersebut lebih baik atau lebih cocok dari desain yang lain. Apapun yang dibuat oleh manusia pasti memiliki desain, apakah itu grafis, situs, ataupun aksesoris perhiasan.

Perhatikan seberapa baiknya fungsi desain tersebut, perhatikan pula penampilannya. Berlatihlah untuk melihat aspek desain tertentu secara spesifik, dan bagaimana aspek-aspek ini bersatu padu secara keseluruhan.

Contohnya jika Anda melihat desain grafis, perhatikanlah bagaimana warna, garis, ukuran, teks, dan bentuknya yang membuat desain tersebut menarik, dan bagaimana desain tersebut menyampaikan maknanya.

Anggaplah sebuah desain sebagai cara memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah

Sebuah desain berfungsi untuk membuat barang-barang terlihat menarik, dan desain pun berbeda dengan jenis seni lainnya karena desain ini memiliki penerapan praktis. Sebuah lambang, misalnya merupakan jenis desain grafis yang membantu sebuah merek atau perusahaan dapat dikenal dengan cepat.

Tujuan dari sebuah pakaian adalah untuk menutup bagian tubuh, selain itu untuk membuat pemakai nya terlihat lebih menarik. Dasbor mobil di desain untuk membuatnya agar mudah untuk dapat membaca beragam ukuran/meteran, juga untuk meningkatkan penampilan interior mobil.

Baca juga: Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik

Berlatihlah berkomunikasi secara visual

Seorang desainer harus bisa menggambar atau membuat desain lainnya untuk dijelaskan pada orang lain, seperti pada rekan desainer dan pengusaha pabrik. Dengan mempelajari bagaimana menyampaikan apa yang Anda bayangkan secara visual, Anda dapat mengembangkan dan mempelajarinya secara detail. Banyak gambaran yang Anda bayangkan di kepala Anda atau jelaskanlah dengan kata-kata. Menggambar merupakan cara yang sangat baik bagi para desainers, namun jangan khawatir jika Anda tidak dapat menggambar sebuah foto secara realistis. Gambar atau lukisan seorang desainer tidak perlu berupa karya yang luar biasa, Anda hanya perlu menggambarkan ide-ide Anda dengan cepat untuk membantu Anda menyelesaikan produk yang Anda buat. Menjiplak pun sangat diperbolehkan. Selain menggambar, seorang desainer juga perlu menggunakan benda-benda seperti maket, bentuk dasar, dan komputer untuk memvisualisasikan desain mereka.

Sekian artikel tentang tips menjadi seorang desainer yang handal. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Karir untuk Kepala Redaksi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar