icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif
Siker.id | 14 Nov 2021 09:45


Bagikan ke

Memotivasi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menghadapi hambatan dalam hidup. Sebab, akan ada fase dalam kehidupan Anda di mana Anda akan menemukan diri Anda terjebak dan tidak bisa menghindari situasi yang tidak mengenakkan. Nah, berikut adalah lima cara ampuh untuk memotivasi diri sendiri dan menguatkan mental Anda. Sehingga ketika ada masalah datang, Anda bisa mengatasinya dengan tenang.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?

Berikut ini ada 5 tips yang bisa membantu.

Yuk, simak selengkapnya ya,

1. Tetapkan Tujuanmu

Hal pertama yang bisa diterapkan guna meningkatkan motivasi diri sendiri, yaitu dengan menetapkan tujuan yang ingin kamu capai dalam hidup. Pastikan kamu menulisnya secara spesifik, jelas, objektif, dan dalam buku agenda – atau pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar maupun ruang kerja.

Jika perlu, tempelkan juga kertas berisi kalimat motivasi dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa menginspirasimu untuk terus melangkah meraih tujuan tersebut. Selain sebagai pengingat, cara ini akan membuatmu lebih semangat dan berkomitmen terhadap tujuan yang sudah kamu tetapkan, lho.

2. Susun Rencana Dengan Baik

Selanjutnya, menyusun rencana dengan baik juga penting dalam meningkatkan motivasi diri sendiri. Nah, kamu dapat membaginya menjadi beberapa tugas kecil dan sederhana – misalnya, dengan target yang dapat dicapai dalam waktu jangka pendek.

Baca juga: Lulusan Hubungan Internasional Kerja Jadi Apa?

Selanjutnya, catatlah daftar tugas tersebut di buku, dan beri tanda centang pada setiap tugas yang sudah kamu kerjakan. Dengan cara ini, tujuanmu tidak akan terasa terlalu berat atau terlalu jauh untuk dicapai. Langkah ini juga bisa membantu meningkatkan self-efficacy, ya.

Yang terpenting, jaga dan pertahankan rutinitas tersebut yang sudah dibangun. Kalau kamu merasa jenuh, cobalah beralih sejenak ke rutinitas lain yang sejalan dengan tujuanmu

3. Hilangkan Rasa Takut Akan Kegagalan

Setiap individu pasti pernah merasa takut terhadap kegagalan, kamu pun pastinya demikian. Setuju, kan? Namun, ketika kamu merasa telah gagal, ingatlah bahwa ini merupakan bagian dari proses pembelajaran. Jadi, jangan sampai ketakutan tersebut justru menurunkan motivasi diri sendiri, ya.

Setiap kali kamu gagal dalam suatu hal, ada pelajaran yang dapat dipetik, agar bisa melakukannya dengan lebih baik dan menghindari kesalahan yang sama. Ceritakanlah tujuan dan impianmu hanya kepada orang-orang yang kamu percayai. Hal ini adalah untuk menghindari terlalu banyak kritikan dari orang lain, saat kamu mengalami kegagalan.

4. Beristirahat yang Cukup

Meskipun kamu sedang semangat-semangatnya dalam mencapai target, tetapi pastikan kamu tetap punya waktu untuk beristirahat – dan tidur yang cukup. Kurang istirahat dapat menurunkan energi dan fokusmu dalam mencapai tujuan, selain juga berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Jika kondisi fisik dan pikiranmu sudah terlalu lelah, jangan terus dipaksakan. Ambil jeda waktu untuk beristirahat, sebelum kembali pada tugas-tugas dan tujuanmu. Mungkin ini saatnya kamu jalan-jalan dan berlibur, lalu kembali dengan semangat baru untuk menggapai impian. Hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan motivasi diri sendiri, ya.

Selain melakukan kegiatan yang menyenangkan, menjaga energi tubuh agar motivasi diri sendiri tetap terjaga juga dapat dilakukan dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral, lho. Selain bisa mempertahankan energi, kedua asupan tersebut juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Sekian artikel Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar