Tertarik di Angkatan Udara? Bergabunglah dengan SAS
Siker.id | 24 Feb 2022 18:45


Bagikan ke
Tips bergabung ke SAS. (siker)

siker.id - SAS ( Special Air Service/Angkatan Udara Khusus) merupakan angkatan operasi khusus militer elit Inggris. Hal utama dalam perekrutan SAS yaitu hanya berasal dari Angkatan Militer Inggris, bukan dari masyarakat umum. Masa lima bulan pelatihan serta proses pemilihan anggota Angkatan Udara Khusus ini dilakukan secara ketat. Dari 125 tentara yang mencoba untuk bergabung dengan Angkatan Udara Khusus ini, hanya sekitar 10 tentara yang terpilih. Hanya yang terberat, terkuat, dan kandidat yang paling teguh yang dapat bergabung. Apabila anda merasa dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan, lihatlah langkah pertama di bawah ini untuk mulai belajar bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi perekrutan dan proses pelatihan tersebut.

Berikut ini beberapa tips bergabung dengan SAS:

Baca juga: Tips Memulai Karir bagi Fresh Graduate di Tahun 2022

Memenuhi syarat dasar pertemuan

Di luar dari tentara cadangan SAS/Angkatan Udara Khusus, SAS tidak merekrut anggotanya dari masyarakat. Untuk dapat memenuhi syarat bergabung di SAS, anda harus menjadi seorang anggota resmi dari salah satu tentara berseragam angkatan militer Inggris baik itu Tentara Angkatan Laut ( terdiri atas angkatan laut kerajaan dan komando kapal kerajaan), Militer Inggris atau Angkatan Udara Kerajaan.

Catatan bahwa setiap angkatan memiliki aturan dan syarat pelatihan mereka sendiri, yang bisa saja dituntut dalam dan dari mereka sendiri. Sebagai contoh, pelatihan dasar Militer Inggris dilaksanakan sepanjang 26 minggu itu sudah termasuk pelatihan fisik secara keras dan latihan taktik.

Catatan juga bahwa seperti Angkatan Kemiliteran Inggris lainnya, Angkatan Udara Khusus ini menerima anggota dari Negara Persemakmuran Inggris (seperti Fiji, Australia, New Zealand dan yang lainnya.).

Bertindak sebagai tentara cadangan SAS

Cara lain untuk dapat memenuhi syarat bergabung SAS ialah bergabung dengan salah satu dari bagian tentara resimen SAS (resimen 21 dan resimen 23) dan dinas selama 18 bulan. Karena, tidak seperti layaknya Angkatan Udara Khusus, cadangan Angkatan Udara Khusus “melakukan” perekrutan dari masyarakat ini mewakili secara keseluruhan yang tertuju langsung pada Angkatan Udara Khusus yaitu sebagai pemohon dimulai dari masyarakat.

Baca juga: Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir

Syarat laki-laki minimal usia 18 tahun

Proses pemilihan untuk Angkatan Udara Khusus merupakan satu dari pelatihan militer yang terberat di dunia. Tujuannya untuk mengetes kandidat untuk mengukur batas maksimal kekuatan fisik dan mental mereka. Meskipun jarang, sempat terdengar terjadi kematian selama proses seleksi. Dikarenakan ekstrimnya tuntutan pelatihan Angkatan Udara Khusus, hanya laki-laki sehat dengan fisik kuat dan kondisi mental yang kuat.

Sebenarnya wanita telah tergabung di Angkatan Militer Inggris sejak 1990, mereka dilarang berada di unit pertarungan. Oleh karena itu, pada saat ini wanita tidak diizinkan bergabung di SAS. Begitulah disana akan tetapi, peraturan ini mungkin saja berubah di masa selanjutnya.

Sekian artikel tentang tips bergabung sebagai SAS. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar