Berikut Tips Memulai Karir sebagai Kasir Bank
Siker.id | 24 Feb 2022 17:45


Bagikan ke
Memulai karir sebagai kasir bank. (siker)

siker.id - Menjadi kasir bank adalah pekerjaan yang menyenangkan. Sebagai kasir bank, Anda akan bertemu banyak orang dan belajar berbagai keterampilan baru. Dengan menjadi kasir bank, Anda bisa merintis karier di bidang keuangan atau mendapatkan posisi yang lebih tinggi di bank suatu hari nanti. Pekerjaan ini belum tentu cocok untuk semua orang, tetapi jika Anda sudah bertekad ingin bekerja sebagai kasir bank ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Berikut ini beberapa tips menjadi kasir bank:

Baca juga: Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik

Mempersiapkan lamaran di bank

Pastikan dahulu bahwa Anda benar-benar ingin menjadi kasir bank. Apakah Anda tertarik dengan pekerjaan ini karena gajinya? Sering kali, kasir bank dituntut melakukan banyak pekerjaan dengan tanggung jawab yang besar, tetapi tidak menerima gaji yang layak. Jika Anda senang bertemu banyak orang dan mengenal orang baru, pekerjaan ini mungkin cocok untuk Anda. Jika Anda ingin berkarier di bidang perbankan, mulailah merintisnya dari sini. Atau, mungkin Anda memang senang mengurus uang. Semuanya bisa menjadi alasan yang baik, tetapi Anda sendiri harus mempunyai alasan yang tepat. Saat menjalani wawancara, Anda akan ditanya mengapa ingin menjadi kasir bank.

Tentukan bank yang Anda inginkan

Anda bisa bekerja di bank kecil di kota Anda bank daerah, atau bank berskala nasional. Bank daerah memiliki banyak cabang, tetapi hanya di beberapa kota. Ketahuilah bahwa bank daerah dan bank berskala nasional pada umumnya menerapkan budaya kerja yang lebih formal, sementara bank kecil suasana kerjanya lebih akrab.

Baca juga: Berikut Tips Karir untuk Kepala Redaksi

Pastikan Anda memenuhi syarat menjadi kasir bank

Sebelum mengajukan lamaran kerja, pihak bank akan menentukan kriteria yang harus Anda penuhi. Anda harus memiliki nilai yang baik, tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal, melampirkan surat referensi kerja, ijazah, dan informasi tentang tempat kerja Anda saat ini/sebelumnya agar pihak bank bisa meminta informasi tentang Anda. Selain itu, pihak bank akan mempertimbangkan sudah berapa lama Anda bekerja sebelum ini. Anda harus memiliki keterampilan dasar untuk mengoperasikan komputer, misalnya mampu bekerja dengan sistem operasi Windows. Pada umumnya, Anda harus memiliki pengalaman kerja di bagian layanan pelanggan, menangani uang tunai, dan mengelola kekuangan. Kemampuan sebagai wiraniaga bisa sangat mendukung.

Jika Anda belum memiliki keterampilan komputer, daftarkan diri untuk mengikuti kursus di akhir pekan atau setelah pulang kerja.

Jika Anda belum berpengalaman di bagian layanan pelanggan, cobalah melamar sebagai kasir pemula di tempat lain. Setelah bekerja sebagai kasir selama enam bulan, Anda akan memiliki pengalaman melayani pelanggan dan mengelola keuangan sehingga bisa meningkatkan diri menjadi kasir bank.

Sekian artikel tentang tips memulai karir sebagai kasir bank. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar