4 Jenis Korupsi yang Ada di Tempat Kerja
Siker.id | 24 Feb 2022 14:45


Bagikan ke
Jenis korupsi yang ada di tempat kerja. (siker)

siker.id - Korupsi mungkin selama ini memiliki stigma yang negative dan buruk, namun justru kerap kali selalu dikaitkan dengan uang semata. Meski memang ada benar, makna korupsi ternyata bisa sangat luas bahkan tidak hanya selalu berkaitan dengan uang saja.

Mengambil hak-hak yang bukan menjadi milik seseorang ternyata juga termasuk ke dalam korupsi meskipun bukan dalam konteks uang. Oleh karena itu kamu perlu memahami beberapa contoh korupsi berikut ini yang sering terjadi di kantor, namun justru jarang disadari banyak orang.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja

Datang terlambat dan pulang lebih cepat

Hal lain dari korupsi waktu adalah ketika seseorang salah persepsi mengenai waktu kerja. Semestinya, datanglah ke kantor dengan tepat waktu serta pulanglah ke rumah saat sudah jam kerja selesai.

Justru yang keliru adalah ketika kamu datang dengan terlambat, namun pulang dengan lebih cepat. Hal ini bisa menunjukkan tipikal dirimu yang senang melakukan korupsi waktu.

Memanipulasi data pekerjaan

Manipulasi data pekerjaan juga sering kali dilakukan bagi sebagian besar pegawai. Biasanya seseorang yang melakukan manipulasi data justru memiliki tujuannya tersendiri dan hal tersebut kadang selalu negatif.

Hal ini semakin buruk apabila yang dimanipulasi adalah data keuangan. Bisa jadi tindak korupsi dilakukan dalam hal ini.

Baca juga: 4 Jenis Ice Breaking yang Bisa Dicoba di Tempat Kerja

Molor dalam mengumpulan pekerjaan

Contoh yang satu ini sering dikaitkan sebagai korupsi waktu. Tentunya tidak bijak untuk bersikap cuek dalam mengumpulkan pekerjaan yang semestinya.

Jika kamu justru molor dari ketentuan deadline, hal ini bisa menunjukkan ketidakprofesionalanmu. Selain itu, kamu juga akan dicap sebagai seseorang yang gemar korupsi waktu.

Menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi

Kamu mungkin diberikan banyak kenyamanan dan pelayanan dari kantor berupa fasilitas. Fasilitas yang diberikan juga bisa beragam, mulai dari rumah, kendaraan, alat elektronik, sampai uang.

Jika kamu menggunakan fasilitas tersebut dengan baik dan sesuai fungsinya, tentu tidak masalah. Hal yang keliru apabila kamu menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Jelas saja hal itu juga termasuk tindakan korupsi.

Sekian artikel tentang jenis korupsi yang ada di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Contoh Konflik yang Sering Terjadi di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar