3 Tips Menghilangkan rasa Mengantuk saat Belajar
Siker.id | 24 Feb 2022 13:45


Bagikan ke
Hilangkan rasa kantuk saat belajar. (siker)

siker.id - Belajar adalah kegiatan penting yang tetap harus dilakukan secara rutin oleh semua orang, terutama para siswa dari sekolah dasar sampai jenjang perkuliahan. Sampai saat ini banyak kendala yang masih perlu dicarikan solusi ketika sedang bosan dalam belajar, termasuk didalamnya rasa mengantuk yang tiba-tiba datang dengan sendirinya.

Ada beragam kasus yang menyebabkan seseorang mengantuk ketika belajar. Mulai dari kelelahan, sampai kejenuhan akan suatu topik yang sedang dipelajarinya. Tentunya hal ini membuatmu semakin tidak nyaman dan kurang produktif. Daripada menjadi kebiasaan, lebih baik terapkan beberapa cara berikut!

Baca juga: 4 Pekerjaan Sampingan yang Dicari Mahasiswa

Selalu menyediakan air minum di sekitar tempat belajar

Air minum terbukti baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, mengonsumsi air minum yang cukup akan membantu kamu menjadi lebih berkonsentrasi ketika mengerjakan setiap kegiatan. Termasuk ketika belajar, dukungan air minum untuk menyuplai energi sangatlah berperan besar.

Sangat disarankan menyediakan air minum di samping tempat belajar. Nantinya, kamu bisa meminumnya ketika mulai mengantuk dalam belajar. Tidak perlu terlalu banyak minum, cukup seperlunya saja ketika dibutuhkan. Pastikan kamu meletakkan gelas atau minuman di tempat yang aman.

Belajar sesuai waktu yang telah dijadwalkan

Kegiatan belajar tidak bisa dikerjakan seenaknya saja. Perlu jadwal dan waktu yang pas supaya lebih cepat memahami, juga menyelesaikan tugas yang ada. Cobalah membuat jadwal rutin untuk belajar. Sisihkan waktu dalam sehari bisa satu sampai dua jam khusus untuk belajar. Asalkan waktu yang dibuat harus benar-benar fokus dan serius, maka tidak masalah jika itu hanya sebentar.

Lebih baik menggunakan waktu belajar secara rutin sedikit demi sedikit asalkan konsisten. Jangan terlalu sering menerapkan sistem kebut semalam. Karena mempersiapkan segala sesuatu dari awal itu lebih diutamakan.

Baca juga: 4 Poin Utama dalam Pembuatan CV Mahasiswa

Jangan memilih tempat belajar di atas tempat tidur

Hal ini tentu bisa membuatmu terlalu nyaman dan lupa dengan kegiatan belajar yang telah kamu rencanakan sebelumnya. Bisa saja kamu terbawa suasana ingin tidur, hingga membuatmu sering cepat mengantuk. Menghindari tempat-tempat yang berpotensi seperti kasur, karena tempat ini bisa membuatmu menjadi lupa akan belajar.

Meski disarankan belajar di tempat yang nyaman, namun jangan memilih tempat tidur. Karena bisa saja kamu bukan menjadi semangat, justru terlena dengan keanyamanan.

Sekian artikel tentang tips hilangkan rasa kantuk saat belajar. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Situs Freelance Online untuk Mahasiswa


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar