Tips menjadi Guru Les yang Handal
Siker.id | 23 Feb 2022 18:30


Bagikan ke
Menjadi guru les yang handal. (siker)

siker.id - Menjadi guru les/tutor melibatkan tanggung jawab yang besar, sekaligus merupakan pengalaman hidup yang sangat memuaskan. Perlu diketahui bahwa menjadi guru les yang baik adalah lebih dari sekadar menguasai suatu pelajaran. Untuk membantu murid mencapai potensi maksimalnya, Anda perlu menganalisis kebutuhan dan tujuan dari tiap murid. Dengan pendekatan yang lebih pribadi, murid mana pun bisa lebih menguasai materi yang sulit.

Berikut ini beberapa tips menjadi guru les yang handal:

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan tentang Backgroud Pendidikan

Mengevaluasi kebutuhan murid

Perhatikan apa yang sudah diketahui si murid. Ketika mengenalnya pertama kali, ukurlah apa yang sudah diketahuinya, supaya Anda lebih efisien dalam mengajar. Tanyakan pada si murid apa yang ia kuasai dan apa yang paling ia sukai dari mata pelajaran itu. Izinkan murid bebas berbicara tentang pelajaran itu, atau bahkan memamerkan pengetahuannya. Dengan begini si murid akan merasa pintar dan dihargai sementara Anda juga bisa mengetahui materi apa saja yang sudah diketahuinya.

Tanyakan tentang kesulitan belajar murid.

Biasanya, setiap murid sudah tahu kelemahannya sendiri. Mereka tahu pertanyaan seperti apa yang biasanya tak bisa mereka jawab ketika ujian, atau penjelasan bagian mana yang membingungkan bagi mereka. Biarkan si murid menceritakan bagian mana yang tak ia pahami dan buat daftar topik-topik itu sebagai referensi Anda sendiri.

Baca juga: Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan

Ajaklah murid menggapai tujuan bersama

Buat perpaduan daftar tujuan utama dan tujuan minor yang bisa dicapai dalam jangka waktu yang masuk akal. Contohnya, mungkin murid tidak bisa langsung memperoleh peningkatan nilai matematik dalam waktu sebulan, tetapi target tiga bulan lebih masuk akal untuk melihat perbaikan. Tujuan minor adalah tujuan untuk jangka pendek, misalnya di akhir pelajaran, si murid harus menulis rangkuman sepanjang 150 kata dari suatu sumber yang akan dipakai dalam esai riset yang akan datang.

Tuliskan semua tujuan itu pada selembar kertas dan minta si murid untuk memantau perkembangannya. Mempercayakan murid untuk memantau daftar tujuan berguna untuk memberikan rasa tanggung jawab padanya atas kemajuannya sendiri.

Sekian artikel tentang tips menjadi guru les yang handal. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Yang Tidak Melihat Pendidikan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar