Tips Memulai Karir dalam Dunia Politik
Siker.id | 23 Feb 2022 17:00


Bagikan ke
Memulai karir dalam dunia politik. (siker)

siker.id - Akhirnya Anda memilih untuk masuk ke dunia politik. Masuk ke dunia politik memang tidak mudah, namun dengan sikap yang baik, pemikiran yang baik, dan dengan kebijaksanaan apapun mungkin dapat terjadi. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan masukan-masukan yang benar-benar dapat dijadikan sebagai sebuah referensi dalam karir politik Anda baik di pemerintahan atau organisasi pemerintahan, sekolah, dll. Anda akan menjadi salah satu politisi terdepan di organisasi Anda!

Berikut ini beberapa tips memulai karis di dunia politik:

Baca juga: Peluang kerja Lulusan Ilmu Politik, Selengkapnya

Masuklah kedalam jenjang dunia politik

Ketika Anda mendapatkan “Surat Izin Mengemudi”, mulai bersukarela adalah sebuah pilihan. Jika ada sesuatu terjadi di dalam komunitas Anda – cari tahu apa yang sedang terjadi. Datanglah ke rapat komunitas Anda, temukan seseorang yang memimpin komunitas Anda, dan bertanyalah apa yang bisa Anda bantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Secara umum, biasanya ada waktu sekitar 5-10 bulan bagi para sukarelawan untuk bersiap-siap sebelum waktu pemilihan umum, pemilihan umum apapun itu. Setiap empat tahun pasti akan ada kampanye pemilihan presiden, namun setiap dua tahun akan ada kampanye lebih kecil yang juga membutuhkan bantuan

Masuklah ke perguruan tinggi

Hal ini tidak hanya membantu Anda untuk lebih mudah mencapai kesuksesan Anda di bidang politik, namun akan mempertemukan Anda dengan segudang organisasi dan orang-orang yang belum pernah Anda kenal dan temui. Lebih baik Anda mengambil jurusan ilmu politik, hukum, komunikasi atau statistik, tergantung pada tujuan utama Anda.

Jika Anda sudah bertegur sapa dengan teman sesama mahasiswa, temukan organisasi di kampus yang berhubungan dengan partai politik. Setiap kampus pasti memiliki satu organisasi yang berhubungan dengan partai politik dan Anda dapat meminta bantuan mereka untuk mencapai keinginan Anda sebagai politisi. Setelah itu, jadilah anggota aktif di dalam dunia politik kampus Anda.

Baca juga: Tips Memulai Karir bagi Fresh Graduate di Tahun 2022

Buatlah surat lamaran dengan cara yang berbeda

Setidaknya, beberapa nama yang pernah menjabat sebagai Presiden pasti memiliki jabatan militer di nama mereka.

Jika Anda berpikir untuk masuk ke akademi milter, hal ini akan menjadi jalan bagi Anda untuk masuk ke dunia politik. Jika Anda berpikir untuk masuk sebagai anggota atau belajar menjadi seorang petugas, kepemimpinan, disiplin dan pengalaman dapat membuat surat lamaran politik Anda lebih menarik. Namun, masuk ke dunia kemiliteran lebih penting daripada dunia politik sehingga pastikan bahwa Anda sadar akan bahaya dan tanggungjawab Anda sebelum membuat keputusan akhir.

Sekian artikel tentang tips memulai karir dalam dunia politik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar