Berikut ini Tips Berkarir Menjadi Masinis
Siker.id | 23 Feb 2022 15:30


Bagikan ke
Berkarir sebagai masinis. (siker)

siker.id - Masinis bertugas mengoperasikan atau mengemudikan kereta api. Masinis juga disebut sebagai insinyur lokomotif, insinyur kereta api, atau foot plate men. Masinis merupakan pekerjaan yang menyenangkan bagi orang yang suka berwisata, mengunjungi berbagai tempat, dan tidak keberatan untuk bepergian jauh dari rumahnya selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Profesi masinis memiliki pendapatan yang cukup bagus dan memungkinkan Anda mendapatkan jaminan lainnya, seperti jaminan keselamatan kerja dan jaminan hari tua.

Berikut ini beberapa tips menjadi masinis:

Baca juga: Berikut Tips Karir untuk Kepala Redaksi

Penuhilah kualifikasi umum

Berikut ini kualifikasi umum dari seorang masinis:

- Berusia minimal 18 tahun.

- Melewati tahap pemeriksaan latar belakang dan tes bebas narkoba.

- Mampu berkerja seorang diri untuk waktu yang lama, menangani situasi darurat, dan berpikir tanpa bantuan dari orang lain.

Ikuti pelatihan formal

Pelatihan dapat berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Anda harus mengikuti kursus pelatihan yang telah direkomendasikan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Sebagian besar masinis mengikuti sekolah yang dibuka oleh perusahaan kereta api, namun sebagian lain memilih untuk mengikuti komunitas di dalam kampus dan meraih gelar D3 dalam bidang operasi kereta api.

Dapatkan posisi pemula

Dapatkan pekerjaan dengan posisi pemula pada perusahaan kereta api misalnya buruh, pekerja rel, tukang rem, atau konduktor. Dapatkan kemampuan dan pengalaman tambahan. Mulailah dengan mengemudikan bus terlebih dahulu jika ingin menjadi pengemudi kereta komputer.

Baca juga: 3 Akibat Suka Menjegal Karir Teman

Ikuti ujian masuk untuk posisi yang berbeda

Berusahalah hingga mencapai posisi masinis. Anda harus melewati ujian sertifikasi resmi sebelum dapat mengemudikan kereta api.

Ikuti pelatihan tambahan di kelas, simulator, dan praktik lapangan sebelum dapat mengikuti ujian sertifikasi.

Anda pun diharuskan melewati ujian tambahan secara berkala untuk mempertahankan sertifikat tersebut.

Masinis diwajibkan untuk berkerja dalam waktu yang panjang serta jam yang tak menentu termasuk malam hari, akhir pekan, dan pada hari libur. Masinis sering kali diharuskan mendaftarkan namanya dan menunggu untuk ditugaskan, yang berarti mereka harus segera siap bekerja melalui pemberitahuan singkat. Masinis pun diharuskan bekerja dalam kondisi cuaca buruk, yakni tidak hanya bekerja di lapangan di tengah cuaca dingin dan panas, tetapi juga di dalam lokomotif yang panas ataupun dingin.

Sekian artikel tentang tips berkarir sebagai masinis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Manajer Logistik


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar