Berikut Kegiatan untuk Menunggu Jawaban Lamaran Kerja
Siker.id | 23 Feb 2022 11:15


Bagikan ke
Kegiatan untuk menunggu jawaban lamaran kerja. (siker)

siker.id - Pencari kerja pada umumnya harus melalui banyak tahap-tahap rekrutmen untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. Tidak jarang tahap yang harus mereka lalui memerlukan waktu yang cukup lama sampai akhirnya seseorang tersebut mendapatkan pekerjaan. Waktu yang lama dan proses yang cukup Panjang dan tidak sebentar itu dapat membuat seseorang merasa depresi dan malas. Untuk dapat melalui proses pencarian kerja tersebut tanpa depresi, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Baca juga: Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik

Meningkatkan kualitas CV

Para recruiter atau petugas yang melakukan rekrutmen pekerja baru mungkin menerima puluhan bahkan ratusan berkas lamaran kerja. Salah satu alat seleksi awal untuk melihat kualitas pelamar dan mencocokan pelamar dengan kebutuhan perusahaan atau tempat kerja ialah daftar riwayat hidup atau CV.

Adalah hal yang sangat penting bagi pencari kerja untuk menunjukkan kualitas diri yang lebih baik dari pelamar lain melalui CV yang dikirim. Sebaiknya, para pencari kerja terus meningkatkan isi CV agar terlihat semakin meyakinkan. Kita dapat menambah isi CV tersebut, misalnya dengan mengikuti kursus atau kelas tertentu, menerbitkan karya tulis di IDN Times, atau mengikuti kegiatan relawan.

Membuka diri dengan bersosialisasi

Seorang sahabat pernah bilang bahwa rezeki itu bisa datang dari orang yang kita temui, termasuk rezeki pekerjaan. Hal yang sangat baik untuk tetap bersosialisasi dengan keluarga dan sahabat. Kita juga dapat mengunjungi tempat yang membuat kita bisa bertemu dengan orang baru.

Hal tesebur bisa membantu para pencari kerja mendapatkan informasi tentang lowongan kerja. Bahkan, bisa saja para pencari kerja mendapat tawaran pekerjaan dari kenalan tersebut.

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak

Meningkatkan rasa percaya diri

Adakalanya pencari kerja merasa kehilangan kepercayaan diri apabila tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Padahal merasa percaya diri adalah hal yang sangat penting saat seseorang melamar pekerjaan. Untuk tetap merasa percaya diri, ada baiknya para pencari kerja melakukan hal yang membuat produktif. Para pencari kerja dapat melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan karena keterbatasan waktu.

Sekian artikel tentang kegiatan selama menunggu jawaban lamaran kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Memilih Lamaran secara Efektif?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar