icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menulis Surat Referensi
Siker.id | 22 Feb 2022 17:05


Bagikan ke
Menulis surat referensi. (siker)

siker.id - Surat referensi biasanya diminta kepada Anda yang menempati posisi supervisor di tempat kerja, sekolah, atau organisasi nirlaba. Orang membutuhkan surat referensi ketika melamar pekerjaan atau mendaftar di universitas tertentu. Surat referensi harus ditulis dengan format dan bahasa formal, yang memuat deskripsi karakteristik atau kemampuan positif tentang kandidat yang direferensikan.

Berikut ini beberapa tips menulis surat referensi yang benar:

Baca juga: Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik

Buatlah format surat referensi

Tulisan tangan terkesan lebih personal, tetapi surat yang diketik terkesan lebih profesional. Surat yang diketik juga lebih mudah dibaca.

Gunakan program pengolah kata, bukan aplikasi teks biasa. Aplikasi teks biasa tidak menyediakan opsi format yang dibutuhkan.

Jika kandidat memberi tahu bahwa surat harus dikirim via surel, Anda tetap harus mengetik surat terpisah untuk dilampirkan pada surel dalam bentuk PDF setelah ditandatangani, tidak hanya mengetik surat tersebut di dalam badan surel.

Carilah template surat bisnis

Program pengolah kata biasanya menyediakan templat yang memudahkan Anda memformat surat. Templat surat bisnis biasanya sudah disertai pengaturan dan margin sehingga Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

Kebanyakan program pengolah kata menyediakan beberapa templat surat. Pilih templat surat bisnis formal, bukan surat personal atau kasual.

Gunakan fon standar yang mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Helvetica. Biasanya, isi surat sudah diatur spasi ganda antara paragraf tanpa menjorok ke dalam. Jika Anda ingin memulai paragraf dengan menjorok ke dalam, jangan menggunakan spasi ganda.

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak

Inputlah nama dan alamat

Di halaman pertama surat, masukkan nama dan alamat Anda di sudut kanan atas. Nama dan alamat penerima mengikuti di sisi kiri halaman.

Anda juga harus menyertakan informasi kontak tambahan, seperti nomor telepon atau alamat surel.

Jika Anda punya kop surat yang memuat informasi kontak, biasanya tidak perlu lagi memasukkan nama dan alamat. Akan tetapi, informasi tersebut harus tetap dimasukkan jika kop surat mengacu pada perusahaan, bukan Anda pribadi.

Setelah alamat, masukkan tanggal. Beberapa templat juga menyertakan baris subjek. Untuk subjek, cukup tulis "Surat Referensi untuk" diikuti nama kandidat.

Sekian artikel tentang tips menulis surat referensi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Memilih Lamaran secara Efektif?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar