Berikut Tips Karir untuk Kepala Redaksi
Siker.id | 22 Feb 2022 16:05


Bagikan ke
Karir untuk kepala redaksi. (siker)

siker.id - Kepala redaksi bekerja untuk semua jenis organisasi, mulai dari majalah hingga surat kabar, penerbit buku dan tim-tim jurnalis sekolah menengah. Menjadi kepala redaksi bukanlah sesuatu yang otomatis, tetapi memerlukan bertahun-tahun pengalaman menulis, menyunting, dan manajemen untuk mencapai posisi eksekutif ini. Posisi kepala redaksi terkadang disebut editor eksekutif dan bertanggung jawab terhadap keseluruhan tindakan publikasi, termasuk proses penerbitan yang sesungguhnya, pembuatan anggaran dan keuangan, serta visi dan strategi sebuah media. Kepala redaksi juga bisa menjadi perwakilan publik sebuah media cetak.

Berikut ini beberapa tips karir untuk kepala redaksi:

Baca juga: Berikut Perbedaan Tugas Jurnalis dan Content Writter

Memilih jalur yang anda mau

Ada berbagai macam kepala redaksi untuk semua jenis media publikasi, mulai dari majalah hingga koran atau blog dan penerbit buku. Tentukan mana yang paling menarik bagi Anda. Kumpulan keahlian yang diperlukan oleh seorang kepala redaksi biasanya bisa digunakan dalam berbagai industri penulisan, mulai dari koran daring atau cetak hingga ke majalah dan terbitan akademis. Akan tetapi, setelah Anda mencapai tingkat eksekutif, Anda dianggap telah menjadi seorang ahli dalam sebuah industri tertentu dan mungkin harus terus tetap di dalamnya untuk mencapai posisi kepala redaksi.

Ikutilah program lanjutan

Kebanyakan media publikasi mengharuskan gelar sarjana (atau lebih tinggi) dalam bidang jurnalisme, komunikasi publik, bisnis, atau sejenisnya untuk menggapai posisi tingkat eksekutif. Akan tetapi, bagi beberapa media gelar di bidang jurnalisme bukanlah yang terpenting. Contohnya, jika Anda ingin menjadi kepala redaksi dari sebuah majalah mode, belajarlah di sekolah mode. Anda juga harus mempertimbangkan lokasi saat menentukan program yang terbaik. Akses terhadap program-program magang lebih mudah didapatkan di lokasi-lokasi urban, dan beberapa tipe publikasi tertentu mungkin berpusat di beberapa kota dibanding lainnya. Contohnya, majalah-majalah mode lebih mudah ditemukan di New York City, sementara majalah-majalah hiburan lebih sering ditemukan di Los Angeles.

Baca juga: Berikut Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai Jurnalis

Mengembangkan skill anda

Jenis tulisan apa pun akan membantu Anda melatih kemampuan menulis, menyuarakan pendapat, serta menjadi terbiasa dengan menulis cepat dalam berbagai gaya. Temukan keseimbangan antara kreativitas, fungsi, dan komunikasi yang efektif dalam tulisan Anda. Cobalah untuk menghindari menggunakan kata-kata yang terlalu rumit atau tidak mudah dipahami dalam tulisan Anda. Pikirkan pembaca Anda dan tuliskan artikel-artikel dramatis yang menarik serta menyenangkan, apa pun topiknya.

Sekian artikel tentang tips berkarir menjadi kepala redaksi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tips Menjadi Seorang Jurnalis Handal


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar