Berikut Kriteria Khusus Karyawan Keuangan atau Bendahara
Siker.id | 22 Feb 2022 13:30


Bagikan ke
Kriteria karyawan keuangan atau bendahara. (siker)

siker.id - Ada kriteria tertentu untuk seseorang dapat menduduki suatu posisi dalam struktur organisasi atau perusahaan. Namun khusus bagian keuangan atau posisi sebagai bendahara, pemilihannya akan dilakukan dengan sangat berhati-hati.

Sebab aliran dana keuangan terpusat di bagian tersebut dan apabila terjadi korupsi, semua orang akan terkena dampaknya. Misalnya, sampai menyebabkan perusahaan rugi besar atau kas tidak bisa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan penting.

Sesenior apa pun kamu di kantor atau organisasi lain, belum tentu kamu akan dipercaya untuk menempati posisi staf keuangan atau bendahara. Sebaliknya, bila kamu hendak menunjuk orang lain untuk menempati posisi tersebut, jangan abaikan kriteria wajib berikut ini!

Baca juga: 

Mampu memetakan kebutuhan di masa mendatang

Amat tidak tepat apabila menjadi bendahara atau duduk di bagian keuangan dikira hanya mencatat jumlah uang masuk dan keluar. Tugasnya tidak seringan itu, lho. Ia juga harus mampu melihat kebutuhan-kebutuhan di masa mendatang.

Misalnya, akan ada tagihan yang kemungkinan baru masuk akhir bulan ini atau acara-acara yang memerlukan biaya besar. Kemampuan memetakan kebutuhan di masa mendatang membuatnya dapat menyusun anggaran keuangan dengan lebih baik.

Jangan pelit

Salah satu ciri orang yang mampu mengelola keuangan dengan baik memang tidak bersikap boros. Apalagi itu uang kantor atau kas bersama yang harus dijaga sebaik mungkin. Namun, jangan keliru mengartikannya sebagai staf keuangan atau bendahara kudu pelit, ya!

Kriteria yang dibutuhkan ialah cermat dan hemat dalam menggunakan uang yang ada. Bukan pelit karena sikap ini justru akan menghambat jalannya berbagai kegiatan. Uang kas awet utuh, tapi berbagai kebutuhan bersama tak terpenuhi.

Baca juga: 

Memisahkan uang pribadi dari uang kantor atau kas

Membawa uang kantor atau kas bersama tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Bagaimana orang lain tak akan mencurigaimu kalau kamu bahkan mencampurkan kas bersama dengan tabungan pribadimu, misalnya?

Sekecil apa pun uang kas yang dititipkan padamu, pisahkanlah tempat penyimpanannya. Jika tidak begitu, kamu bisa lupa jumlahnya sekalipun kamu tak punya niat buat melakukan korupsi.

Sekian artikel tentang kriteria khusus karyawan keuangan atau bendahara. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar