4 Poin Utama dalam Pembuatan CV Mahasiswa
Siker.id | 22 Feb 2022 12:30


Bagikan ke
Poin dalam pembuatan cv mahasiswa. (siker)

siker.id - Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu elemen utama di dalam dunia kerja. Proses pengerjaan dan konteks yang terkandung di dalam CV ini pun harus diperhatikan dengan seksama mungkin. Saat pembuatan Curriculum Vitae ini harus sesuai fakta dan keadaan yang memang dialami oleh kandidat masing-masing.

Nah, bagi kamu yang saat ini masih berstatus pelajar atau mahasiswa dan ingin sekali membuat Curriculum Vitae, maka tidak perlu kebingungan. Berikut ini kami merangkum poin-poin penting yang harus tertera dalam CV mahasiswa. Catat baik-baik poin ini!

Baca juga: Apa Perbedaan CV dan Resume?

Profil lengkap

Dalam sebuah curriculum vitae alias CV, tentunya sangat diperlukan untuk mencantumkan profil lengkap. Hal ini bukan lain berguna agar recruiter dapat mengenalimu dengan mudah.

Pada poin profil ini, biasanya dapat dicantumkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, domisili saat ini. Well, terlepas dari itu semua perlu diingat kembali jika recruiter tak memintamu untuk menulis alamat dengan lengkap, maka kamu cukup cantumkan kota dan provinsimu.

Pendidikan

Sejarah pendidikan juga tak kalah penting untuk dicantumkan dalam curriculum vitae. Hal ini akan berguna agar recruiter dapat mengetahui latar belakang setiap individu. Tingkat pendidikan yang relevan dengan posisi yang kamu daftar menjadikan peluang dirimu untuk diterima semakin besar.

Tak perlu menulis semua tingkat pendidikanmu sejak sekolah dasar. Sebagai mahasiswa, umumnya dicantumkan sejak SMA hingga level perguruan tinggi. Kamu berasal dari program studi apa dan di universitas mana.

Baca juga: Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik

Pengalaman kerja atau organisasi

Saat mendaftar magang atau pun kerja, hal utama yang juga menjadi pertimbangan recruiter agar dapat menerimamu adalah pengalaman. Saat kamu memiliki pengalaman kerja yang sangat berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar, tentu hal ini akan menjadi nilai tambah.

Bagaimana jika mahasiswa tak pernah bekerja di sebuah instansi? Well, kamu dapat cantumkan juga pengalaman organisasi, lho. Sebab dari organisasi yang dijalani dalam beberapa waktu mampu mencerminkan sikap dan skill yang dimiliki tiap orang.

Kontak pribadi

Bagi sebagian orang, poin satu ini cukup disepelekan kehadirannya bahkan ada pula yang lupa untuk mencantumkannya. Padahal dengan adanya kontak pribadi di dalam CV, bisa menjadi alat agar recruiter bisa menghubungimu mengenai info selanjutnya, lho.

Gak perlu menuliskan keseluruhan kontak pribadi. Cukup cantumkan email atau nomor telepon saja.

Sekian artikel tentang poin penting dalam cv mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kesalahan saat Interview yang Membuat Lamaran Ditolak


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar