4 Tanda ini Menunjukkan Tidak Efektif dalam Bekerja
Siker.id | 22 Feb 2022 12:00


Bagikan ke
Tanda ini tidak efektif dalam bekerja. (siker)

siker.id - Tanpa sadar, kita sering kali menyalahkan beban kerja yang berlebihan ketika pekerjaan tidak kunjung selesai juga. Padahal, kondisi ini bisa jadi berasal dari diri kita yang tidak bisa efektif dalam bekerja alias manajemen waktu kita yang buruk, sehingga pekerjaan terkesan menumpuk.

Untuk itu, penting sekali mengenali beberapa red flag supaya kita bisa lebih mudah membedakannya. Nah, jika kalian masuk dalam beberapa tanda di bawah ini ada baiknya mulai segeralah berubah. Berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Bekerja

Sering multitasking

Alih-alih cepat selesai, mengerjakan banyak hal sekaligus (multitasking) malah membuat pekerjaanmu tidak efektif. Fokus yang terpecah justru membuat performamu menurun.

Sebaiknya, buat prioritas tugas yang akan kamu selesaikan. Entah itu berdasarkan tingkat kesulitan, jangka waktu, kemiripan tugas, atau lainnya. Dengan begitu, perhatian kamu akan lebih terfokus dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan maksimal.

Sering lembur

Apakah kalian sering lembur sampai larut malam? Hati-hati, hal ini bisa jadi salah satu tanda kamu tidak efektif dalam melakukan pekerjaan.

Coba identifikasi waktu-waktu yang kamu habiskan untuk bekerja. Setelah itu, lacak waktu mana yang terbuang percuma. Dengan begitu, kamu akan mengetahui seberapa efektif waktu kerja ini dimanfaatkan secara optimal.

Baca juga: 4 Etika Komunikasi yang Perlu Diperhatikan saat Bekerja

Menghabiskan banyak waktu untuk satu tugas

Selain multitasking, menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk satu tugas juga tidak efektif, lho. Kondisi ini menandakan jika waktu yang kamu habiskan tidak produktif.

Tidak ada salahnya mendelegasikan tugas yang tidak efektif jika kamu kerjakan kepada orang lain. Renungkan untuk mengambil tugas lain yang bisa kamu kerjakan dengan optimal.

Tidak punya perencanaan harian yang jelas

Tidak memiliki perencanaan harian yang jelas akan membuat harimu tidak terbentuk. Alhasil, banyak waktu berharga yang akan terbuang secara percuma. Kondisi ini membuat aktivitas yang kamu jalani menjadi tidak efektif, lho.

Sebaiknya, miliki daftar tugas atau serangkaian tujuan konkret yang akan kamu capai hari itu. Membuat perencanaan yang jelas akan membuatmu lebih fokus dan produktif.

Sekian artikel tentang tanda tidak efektif dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Penyebab Kamu Dianggap Tidak Kompeten dalam Bekerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar